Dua Ledakan Terdengar Saat Pesawat Tempur Hawk TNI AU Jatuh

Alutsista pesawat tempur Hawk 100/200
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Pesawat tempur TNI Angkatan Udara Senin pagi tadi 15 Juni 2020 jatuh di perumahan Desa Kubang Jaya, Kampar Riau. Berdasarkan saksi mata warga di sekitar terjadi sebanyak dua kali ledakan saat pesawat jet tempur itu jatuh menghantam tanah.

Israel Mau Balas Dendam ke Iran, Rusia Pasang Badan Kirim Jet Tempur Canggih

Berdasarkan laporan kontributor tvOne Muhammad Arifin di lokasi jatuhnya pesawat, menjelaskan bahwa ledakan tersebut terjadi di udara dan di darat saat pesawat jet tempur itu jatuh. 

Pesawat Jet Tempur itupun, menghantam sebuah rumah di Desa Kubang Jaya, Kampar Riau. Dan berdasarkan informasi warga, rumah tersebut sedang tidak dihuni alias kosong. Namun, pihak petugas masih akan mengecek kembali kondisi tersebut.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Saat ini, sudah ada empat mobil pemadam kebakaran dari pihak Bandara Sultan Kasim II tiba di lokasi jatuhnya pesawat. Rumah yang dihantam pesawat tersebut rusak pada bagian kanan.

Sementara itu, terkait pilot pesawat jet tempur yang jatuh diketahui berhasil selamat dengan menggunakan kursi pelontarnya. Dalam pesawat jet tersebut hanya diisi oleh satu orang pilot. 

Monster Udara Rusia Bangkit! Jet Tempur Baru Berbasis MiG-23 dan MiG-27 Siap Menggebrak Dunia

Sebelumnya, diberitakan pesawat jet tempur jenis Hawk 200 dengan nomor lambung 0209 jatuh di ujung runway lima KM sebelum mendarat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma Fajar Adriyanto. 

Pesawat tempur jenis Hawk 200. Nomor lambung 0209. Jatuh di ujung runway 5 KM sebelum mendarat,” kata Fajar.

Dia mengungkapkan pilot sempat eject dari pesawat dan dinyatakan selamat. Tim SAR sedang menuju ke lokasi untuk evakuasi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya