KPU Terima Data Pemilihan Tambahan Pilkada Serentak dari Kemendagri

Ketua KPU Arief Budiman, Refleksi Hasil Penyelenggaraan Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Tahapan Pilkada Serentak 2020 dimulai kembali, setalah sempat tertunda karena pandemi covid-19. Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapat Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tambahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

“Data data ini yang kami berikan melengkapi data data yang sebelumnya kami berikan. Mudah mudahan data ini dapat dimanfaatkan untuk memvalidasi pemilih," kata Mendagri Tito Karnavian secara virtual, Kamis 18 Juni 2020.

Mantan Kapolri ini meminta KPU menjaga kerahasiaan data pemilih. Karena data DP4 adalah bagian dari privasi warga negara yang harus dijaga dengan baik oleh negara. 

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Selain itu Tito berharap agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan baik. Dengan cara menjalankan koordinasi yang baik antar institusi terkait. 

"Pemerintah mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU, yang harus ditindak lanjuti pemerintah daerah. Termasuk oleh KPU dan Bawaslu bagian bawah, dan DKPP, yang terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah," ujarnya. 

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

Secara fisik, data DP4 Kemendagri diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Muhammad Hudori, kepada Ketua KPU RI, Arief Budiman di kantornya. Diketahui, Pilkada serentak 2020 akan dilaksanakan di 270 daerah, dengan puncak pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies menyebut peluangnya di Pilgub Jakarta terbuka asal mendapat dukungan dari masyarakat dan parpol, karena baru menjabat satu periode di Jakarta. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024