Update Corona Sumut 18 Juni: 993 Positif, 233 Sembuh

Ilustrasi tes swab Corona Covid-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara menyampaikan kasus virus corona terus mengalami peningkatan menjadi 993 orang, Kamis 18 Juni 2020. Sedangkan, hari sebelumnya berjumlah 970 pasien.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

"Pasien positif covid-19 berdasarkan metode PCR pada hari ini bertambah 23 orang," sebut ?Juru Bicara GTTP Covid-19 Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah melalui live streaming, Kamis sore, 18 Juni 2020.

?Aris mengungkapkan untuk pasien virus corona dinyatakan sembuh juga mengalami peningkatan sebanyak tujuh orang. Hal ini, menunjuk tren baik untuk penanganan covid-19 di Sumut ini.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Hari ini, jumlah pasien yang sembuh bertambah tujuh orang. Yakni dari 226 orang menjadi 233 orang," tutur Aris.

Sementara, untuk orang dalam pemantauan (ODP). Aris mengatakan saat ini berjumlah 885 orang. Kemudian, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di rumah sakit rujukan covid-19 di Sumatera Utara 159 orang. 

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Untuk pasien yang meninggal dunia hari ini masih sama dengan data sebelumnya yakni 67 orang," tutur Aris. 

Aris juga menjelaskan bahwa dari data tersebut dapat dilihat bahwa proses penularan masih terus terjadi. Dengan itu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang tetapkan pemerintah.

"Artinya, masih ada sumber penularan yang berada di tengah kita yang belum melaksanakan isolasi dengan baik dan masih banyak kelompok rentan yang belum menyadari bahwa mereka akan sangat mudah terinfeksi yaitu mereka yang tidak patuh menjaga jarak dan tidak menggunakan masker serta mencuci tangan," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya