Enam Wilayah di Sumbar Catat 100 Persen Kesembuhan Corona

VIVA – Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Sumatera Barat, Jasman Rizal, menyebutkan, sebanyak enam wilayah yakni Padang Panjang, Kota Solok, Pasaman, Agam, Sijunjung, dan Kota Pariaman, mencatat 100 persen angka kesembuhan pasien Covid-19.

Kloter Pertama Jemaah Haji Sumbar Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Artinya, seluruh pasien yang selama ini mendapatkan perawatan, telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. "Sembuhnya seluruh pasien di enam daerah tersebut, juga menambah persentase tingkat provinsi," kata Jasman, Jumat 19 Juni 2020.

Data Kamis, 18 Juni 2020, menurut Jasman, persentase kesembuhan di Sumbar mencapai 69,25 persen. Jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 39,28 persen.

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Asal Minang Lebih Banyak dari Penduduk Sumbar

Meski demikian, Jasman melanjutkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat. 

Wajib pakai masker jika keluar rumah, serta rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Selain itu, jangan lupa tetap jaga jarak fisik saat berinteraksi dengan pihak lain.

Ombudsman Minta Pekerja Perusahaan Swasta Berani Melapor soal THR Tidak Dibayar Atau Dicicil

Jasman menambahkan, pihaknya juga meminta masyarakat untuk bijak terhadap informasi yang diterima. Terutama, yang berhubungan dengan Covid-19.

Dia juga meminta agar penyebaran hoaks dan stigma sosial dihentikan. Selain juga mengimbau masyarakat agar mengonsumsi informasi dari sumber yang jelas dan resmi. 

Tidak hanya itu, Jasman meminta masyarakat jujur saat dimintai keterangan mengenai riwayat perjalanan dan kontak. Semua itu, agar mata rantai penyebaran Covid-19 dapat segera diputus.

Jasman juga menjelaskan, berdasarkan data sementara untuk hari ini, tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso melaporkan bahwa, dari 964 sampel swab yang dikirim berbagai rumah sakit di Sumbar (960 pemeriksaan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan empat sampel di Baso), terkonfirmasi sampel positif sebanyak empat orang. Seluruh sampel spesimen tersebut, masih berasal dari Kota Padang. 

"Total warga Sumbar yang positif terinfeksi Covid-19 sampai siang ini sebanyak 700 orang. Dengan rincian, Dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri sejumlah 176 orang, meninggal dunia 30 orang dan 494 orang sembuh," tutur Jasman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya