Kebun Binatang Solo Dibuka Lagi, Pengunjung Anak-anak Masih Dilarang

Pembukaan kembali Taman Satwa Taru Jurug Solo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo mulai dibuka pada hari ini, Jumat, 19 Juni 2020. Pembukaan kebun binatang kebanggaan Kota Solo itu untuk menyambut pemberlakuan new normal. 

Aviary Park Indonesia, Kebun Binatang Mini Resmi Dibuka di Tangerang Selatan

Hanya saja anak-anak di bawah usia 18 tahun serta ibu hamil tidak diperbolehkan masuk ke objek wisata tersebut.

Pembukaan kembali TSTJ untuk pengunjung umum itu dilakukan setelah sempat tutup selama tiga bulan dampak dari pandemi virus Corona (Covid-19). Pembukaan tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dan Kapolresta Solo Kombes Pol Andi Rifai yang disaksikan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Gandeng Taman Safari, Bobby Nasution Bakal Revitalisasi Medan Zoo

Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy mengatakan, pembukaan kembali TSTJ sejak pemberlakuan new normal ini bertujuan agar masyarakat Solo bisa menikmati hiburan. Sebab, selama pandemi Covid-19, warga memang banyak melakukan aktivitas di rumah untuk menghindari penularan virus Corona.

"Kalau TSTJ banyak pengunjung paling tidak operasional untuk pakan hewan bisa didapatkan," kata Rudy di TSTJ Solo, Jumat, 19 Juni 2020.

Pevita Pearce Akhirnya Bertemu 'Kembaran', Seorang Petugas Kebun Binatang yang Sempt Viral

Meskipun dibuka saat pandemi Covid-19, Rudy dengan tegas mengingatkan kepada pengelola untuk tetap menjalankan protokol kesehatan bagi pengunjung yang akan masuk. Bahkan, anak-anak juga dilarang masuk ke kebun binatang tersebut untuk sementara waktu.

"Anak usia 18 tahun ke bawah dan ibu hamil tidak diizinkan dulu datang ke TSTJ selama 14 hari," ujarnya.

Menurut dia, adanya larangan sementara bagi pengunjung anak-anak di bawah 18 tahun, ibu hamil dan lansia itu berlaku hingga 3 Juli 2020. Artinya, selama 14 hari tersebut masa inkubasi virus Corona itu akan selesai.

"Kalau selama 14 hari TSTJ dibuka tidak ada penambahan pasien positif yang terpapar Covid-19 berarti hari ke-15 anak boleh berkunjung ke sini," harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, mengatakan, pengunjung yang memasuki kebun binatang akan dibagi menjadi dua gelombang. Masing-masing gelombang jumlah pengunjung dibatasi sebanyak 500 orang.

"Gelombang pertama pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Sedangkan gelombang kedua pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya