Mahfud MD: Minim Kasus Karhutla, Protes Aktivis Lingkungan Berkurang

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Pemerintah mengklaim sudah berhasil meminimalisir kebakaran hutan dan lahan atau karhutla dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Beberapa tahun terakhir alhamdulillah kita berhasil meminimalisir kebakaran hutan, sehingga bencana-bencana yang agak besar dan membikin geger gitu sudah dapat dikatakan tidak lagi terjadi," kata Mahfud di Jakarta Pusat, Selasa 23 Juni 2020.

Menurut Mahfud MD, protes dari para aktivis lingkungan hidup ataupun protes dari negara lain sudah tidak begitu gencar lagi dalam empat hingga lima tahun terakhir ini.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Protes-protes dari aktivis lingkungan hidup maupun dari negara-negara lain dalam empat, lima tahun terakhir ini, sejak 2016, 2017, dan seterusnya, sudah tidak begitu gencar," ujar Mahfud.

"Karena kita telah menyiapkan semua langkah, baik untuk memitigasi, mencegah, menyelesaikan dan melakukan tindak lanjut," tambahnya.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Meskipun demikian, memasuki musim kemarau ini pemerintah menurutnya tetap harus mengantisipasi potensi karhutla. Apalagi di saat bersamaan pemerintah juga masih menangani pandemi Covid-19.

"Karena masalahnya bukan hanya menyelesaikan karhutla tapi juga Covid-19. Sehingga, kita menyiapkan langkah-langkah bersama menghadapi musim kemarau," kata Mahfud.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024