Putus Rantai Corona, Sandiaga Incar Wilayah Padat Penduduk Rapid Test

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 (RIB) terus bergerak membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan Covid-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kali ini, RIB menggelar rapid test massal di Lippo Plaza, Kramat Jati, Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Rapid test ini untuk masyarakat umum, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) serta pekerja lepas di wilayah kelurahan dan Kecamatan Kramat Jati.

Dalam rapid test ini, RIB menyiapkan dua mobil laboratorium untuk tes PCR atau swab test dan dua mobil ambulans. Swab test ini diperuntukkan bagi warga yang reaktif Covid-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Mobile Laboratorium RIB ini dapat mengambil 320 sampel per hari. Adapun, hasil swab test bisa diketahui hanya dalam tiga jam.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno, mengatakan, rapid test massal yang diselenggarakan ini merupakan hasil kerja sama Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Pemerintah Kota Jakarta Timur, Dinas Kesehatan Jakarta Timur, unsur Kepolisian RI dan TNI serta Badan Intelijen Negara (BIN). Kecamatan Kramat Jati ini merupakan salah satu wilayah yang padat di Jakarta Timur.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Kegiatan ini adalah bukti gerak cepat dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Pemerintah Kota Jakarta Timur dan Kementerian Kesehatan dalam penanganan wabah Covid-19,” ujar Sandiaga, Selasa, 23 Juni 2020.. 

“Tentunya, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI. Saya ikut memastikan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan jumlah testing karena ini bagian dari 3T (Testing, Tracing, dan Threating),” kata dia.

Sandiaga menegaskan, saat ini Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 membantu pemerintah dalam meningkatkan jumlah pengetesan Covid-19 hingga mencapai 25.000 per hari sesuai target pemerintah. Kawasan padat penduduk menjadi target utama yang dilakukan pengetesan oleh RIB.

“Nantinya yang reaktif langsung kita uji PCR di mobil laboratorium milik RIB. Insya Allah tentunya jika ada yang positif akan kita sembuhkan dan dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran atau rumah sakit rujukan lainnya. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada tim medis dan tenaga kesehatan. Mereka sangat berjuang tanpa lelah,” tutur Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, saat ini, banyak lembaga yang menyediakan uji cepat dengan berbayar. Padahal, target rapid test ini adalah wilayah padat penduduk yang sebagian merupakan warga tidak mampu.

“Untuk itu, saya mengimbau seluruh elemen masyarakat bersatu padu dan bahu-membahu dalam membantu pemerintah meningkatkan jumlah pengetesan ini,” ujarnya.

Dalam rapid test massal ini, RIB menyiapkan 700-1.000 alat rapid test. RIB juga tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam pelaksanaan di setiap kegiatan, termasuk rapid test massal.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan rapid test massal dari Sandiaga Uno dan kawan-kawan. Menurut Anwar, Kelurahan Kramat Jati ini menjadi wilayah yang rentan penularan Covid-19, salah satunya Pasar Induk Kramat Jati.

“Di Kramat Jati ini banyak klaster pasar, tentunya perlu adanya antisipasi. Kami dari jajaran pemerintah kotamadya berupaya mungkin sesuai arahan gubernur DKI Jakarta untuk mencari titik-titik yang rentan penularan dan melakukan rapid test secara masif,” kata Anwar.

“Alhamdulillah, Kramat Jati sekarang sudah zona hijau. Dulu memang sempat menjadi zona merah karena adanya pasar induk. Tapi, Alhamdulillah kita terus intervensi dan sudah menjadi zona hijau. Kita tidak puas begitu saja dan terus mencari titik-titik yang rawan penularan dengan melakukan testing dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Dalam rapid test kali ini, sebanyak 896 peserta dan ditemukan 12 orang reaktif Covid-19. Nantinya ke-12 orang tersebut akan dilakukan swab test.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya