FOTO: Penerapan Physical Distancing di Pesawat Kepresidenan Jokowi

Presiden Joko Widodo bersiap terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Surabaya pada Kamis pagi, 25 Juni 2020.
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Jawa Timur pada Kamis pagi, 25 Juni 2020. Kunjungan ini adalah yang pertama kali dilakukan di masa adaptasi kebiasaan baru selama pandemi wabah virus corona">corona.

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan bahwa pihaknya juga telah melakukan persiapan khusus dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Sekretariat Presiden tentunya dengan jajarannya menerapkan secara disiplin hal ini (protokol kesehatan). Pertama, sebelum berangkat para pendamping Bapak Presiden baik itu menteri, paspampres, dan perangkat lainnya akan dilakukan rapid test (pemeriksaan secara cepat untuk memastikan tidak terinfeksi virus corona)," kata Heru di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

Kapasitas pesawat kepresidenan yang digunakan Jokowi selama kunjungan kerja juga dibatasi hingga separuh, sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Semula, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 biasa menampung hingga 55 penumpang dalam setiap kali perjalanan. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kapasitas itu dikurangi hingga menjadi 25 penumpang saja.

Menlu Retno Ungkap 2 Arahan Jokowi soal Konflik Iran vs Israel

Heru juga berharap agar kunjungan kerja pertama Jokowi di masa adaptasi kebiasaan baru ini terlaksana dengan baik dan yang lain bisa ikut mengacu pada penerapan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan kunjungan Bapak Presiden pertama kali dalam kondisi new normal ini bisa diikuti dengan kegiatan ekonomi lainnya yang tidak lepas dari pengetatan protokol kesehatan. Kami tentunya sangat berharap ini bisa berjalan dengan baik," kata Heru.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi

Bagi Megawati, tanggungjawab Presiden sebagai penguasa terhadap etika sangat penting. Sebab, presiden memegang kekuasaan atas negara dan pemerintahan yang sangat besar.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024