Ambulans Dipakai Angkut Kambing, Bupati Lumajang Siapkan Sanksi

Kambing di dalam mobil ambulans di Lumajang
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Sungguh ironis, di tengah pandemi virus corona (covid-19) mobil ambulans, yang selama ini sangat vital untuk mengangkut para pasien, malah disalahgunakan. Bukannya membawa pasien ke rumah sakit, ambulans itu malah dipakai membawa kambing.  

Bubarkan Tawuran, 2 Polisi di Padang Malah Ditabrak Ambulans yang Sopirnya Positif Sabu

Itu yang terjadi baru-baru ini di suatu desa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ambulans desa malah buat angkut kambing.  

Peristiwa tak patut ini diunggah netizen di media sosial dan langsung viral. Dalam unggahan video dengan durasi sekitar satu menit ini, terlihat seorang warga sedang memegang dua ekor kambing di dalam sebuah mobil ambulans.

Semeru Erupsi dengan Letusan Setinggi 1,2 Km, Masyarakat Diimbau Hindari Sektor Tenggara

Sang pengunggah video tersebut kemudian memperlihatkan asal ambulans yang merupakan milik Pemeritah Desa Sukorejo di Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. Ironisnya, yang membawa ambulans tersebut memiliki hubungan keluarga dengan kepala desa setempat.  

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, geram atas hal itu. "Hal yang tak pantas. Ini merupakan pelanggaran berat," kata Thoriqul soal ambulans angkut kambing itu

Gunung Semeru Erupsi Tiga Kali, Masyarakat Diingatkan Bahaya Lontaran Batu Pijar

Pemerintah setempat langsung menarik ambulans tersebut. Kepala desa Sukorejo dan orang yang membawa ambulans angkut kambing itu akan diperiksa oleh pihak inspektorat guna diberi sanksi tegas.

Selama ini Pemerintah Kabupaten Lumajang mempunyai program satu desa satu ambulans, yang bertujuan mempercepat pelayanan kesehatan bagi warga yang sakit ke Puskesmas maupun Rumah Sakit terdekat. Bupati pun mengingatkan jangan sampai program baik itu malah disalahgunakan oleh oknum maupun pihak siapapun.

Laporan: Muhammad Syahwan (tvOne, Lumajang)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya