Polisi Minta Pendapat Ahli Kembangkan Kasus Pembakaran Bendera PDIP

Bendera PDIP dibakar massa demo tolak RUU HIP di DPR RI
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Polisi terus mengusut kasus pembakaran bendera PDI Perjuangan saat aksi demonstrasi RUU Haluan Idiologi Pancasila (HIP) yang dilakukan massa PA 212 di depan Gedung DPR, Jakarta, pada 24 Juni 2020.

Sikap Nasdem Soal Relawan Anies yang Kecewa dan Turunkan Bendera Nasdem di Markas AMIN

Polisi akan meminta keterangan saksi ahli untuk mencari unsur pidananya. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memutuskan mengambil langkah hukum terhadap mereka yang membakar bendera Partai.

"Nanti saksi ahli juga kita periksa," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Senin 29 Juni 2020.

Bendera Partai Nasdem di Markas Amin Diturunkan Relawan, Ada Apa?

Dalam mengembangkan kasus ini, polisi sendiri telah memeriksa beberapa saksi. Argo menyebut sejauh ini sudah lebih dari lima orang dimintai keterangannya sebagai saksi. Argo menekankan kembali kalau Korps Bhayangkara akan profesional dalam menindaklanjuti laporan ini.

"Ada lebih dari lima orang kita periksa. Semua yang kita lakukan secara profesional dan transparan. Kita sampaikan semua kepada masyarakat,” katanya.

INFOGRAFIK: Apa Kabar Sampah Pemilu 2024?

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menambahkan, laporan yang dibuat PDI Perjuangan statusnya masih penyelidikan. Dia membenarkan penyidik telah meminta keterangan lima orang. Namun, dia mengaku belum bisa merinci lebih jauh.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya menyampaikan akan melaporkan aksi pembakaran bendera ke polisi. Hasto menegaskan jalur hukum selalu ditempuh oleh partainya, meski PDIP sering 'dikuyo-kuyo', dikepung, dan dipecah belah dengan stigma lama.

Bendera bulan bintang di pasang di Kantor Polsek Samalanga Bireuen. (istimewa)

Warga Bireuen Pasang Bendera Bulan Bintang di Kantor Polsek Samalanga Aceh

Seorang warga berinisial NS alias ND nekat menaikkan bendera bulan bintang di kantor polisi tepatnya di Kantor Polsek Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024