Jokowi Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-74 Secara Virtual

VIVA – Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke 74 tahun ini diperingati dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara pun digelar sederhana dengan mempertimbangkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus. 

3 Kali Bos Microsoft Satya Nadella ke Indonesia, Semuanya Ketemu Jokowi

Untuk kegiatan upacara HUT Bhayangkara 1 Juli 2020, Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara dari Istana Kepresidenan. Upacara digelar secara virtual dan disiarkan langsung di Mabes Polri dan seluruh Polda se-Indonesia.

"Upacara Hari Bhayangkara ke-74 sendiri dilaksanakan secara virtual yang dipimpin oleh Bapak Presiden RI selaku inspektur upacara, kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran," kata Kepala Biro Penerangan Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono dalam keterangan persnya. 

Jokowi Didampingi Prabowo Terima Kunjungan PM Singapura di Istana Bogor

Pada HUT Bhayangkara ke-74 ini, Polri mengusung tema 'Kambtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif. Sejumlah rangkaian kegiatan telah dilakukan menjelang HUT Bhayangkara, antara lain ziarah makam pahlawan, kegiatan bakti sosial, pembagian sembako, santunan hingga layanan SIM gratis.

"Mengingat kegiatan Hari Bhayangkara kali ini bangsa Indonesia sedang menghadapi pandemi COVID-19, sehingga beberapa kegiatan konsepnya juga menyesuaikan dengan kondisi saat ini, yaitu dengan tetap menaati protokol kesehatan," ujar Awi.

UU DKJ Resmi Diteken Jokowi, Jakarta Masih Ibu Kota Negara

Sebelumnya, sebanyak 4.308 warga yang lahir tanggal 1 Juli akan mengikuti program Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74. 

Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. 

Dalam telegram itu disebutkan pelayanan penerbitan SIM di Satpas setiap wilayah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, Selasa, 30 Juni 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya