Kampus Pecandu Bernama Unitra

VIVAnews - Semakin meningkatnya pengguna narkoba di Indonesia membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) membangun kampus fasilitas khusus yang berfungsi untuk pemulihan para pecandu Narkoba bernama Unitra (Unit Terapi dan Rehabilitasi). Kampus sekaligus asrama yang terletak di Wates Jaya, Lido, Sukabumi ini memiliki daya tampung 500 pasien.

"Penamaan kampus ini untuk menghilangkan kesan seram pusat rehabilitasi narkoba," ujar Kepala Bagian Humas BNN, Sumirat di sela-sela acara Pertemuan Jurnalis Pemerhati Narkotika, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari 2010.

Menurut Sumirat kampus yang memiliki luas 12 hektar ini berfungsi sejak tahun 2006. Namun hingga saat para pencandu yang menjalani rehabilitasi di kampus ini baru mencapai 300 orang. "Mungkin karena kurangnya sosialisasi dan banyaknya keluarga yang menganggap rehabilitasi adalah aib," ujar Sumirat.

Di kampus ini, para pecandu akan menjalani berbagai metode pemulihan baik medis maupun psikologis seperti detoxifikasi dan terapi lingkungan bernama TC  atau Terapetik Comunity. Penyembuhan di Kampus Unitra BNN ditangani sekitar 200 staf.

Untuk menjalani perawatan di kampus ini, para pecandu akan dibebaskan biaya perawatan secara penuh alias gratis. "Para pecandu berusia 18 tahun ke atas hanya disyaratkan tidak memiliki gangguan kejiwaan dan memiliki persetujuan dari orang tua," ujar Sumirat.

Para pecandu pun cukup menghubungi nomor Call Center BNN 80880011 atau melalui SMS ke nomor 0812 21675675. Atau bisa langsung ke kantor BNN di Jalan MT. Haryono No.11, Cawang, Jakarta Timur. "Usai melapor, para pecandu akan medapatkan kartu lapor. Sehingga jika tertangkap, polisi mengetahui bahwa pecandu ini dalam pantauan BNN untuk rehabiliasi." ujar Sumirat.

Nantinya setiap calon mahasiswa akan diperiksa darah untuk mengetahui jenis narkoba yang dikonsumsi. Hal ini untuk disesuaikan dengan metode penyembuhan yang dibutuhkan. "Masa terapi berlangsung enam bulan hingga satu tahun" ujar Sumirat.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024