Selama 6 Bulan, 1.549 Bencana Alam Terjadi di Indonesia

Ilustrasi bencana.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat sebanyak 1.549 kali kejadian bencana alam yang terjadi di berbagai daerah di Tanah Air selama kurun waktu 1 Januari 2020 hingga 29 Juni 2020. 

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

"Dari total kejadian, lebih dari 99 persen merupakan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, di Jakarta, Rabu, 1 Juli 2020. 

Ia merinci, jumlah kejadian bencana pada kurun waktu tersebut yakni banjir 620 kejadian, puting beliung 425, tanah longsor 330, kebakaran hutan dan lahan 139, gelombang pasang atau abrasi 21, gempa bumi 10, erupsi gunung api 3 dan kekeringan 1.

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi penularan, tantangan masyarakat menjadi bertambah. Contohnya, kejadian bencana yang terjadi di wilayah dengan kasus positif tinggi. 

"Ini membutuhkan kesiapsiagaan ekstra dan antisipasi semua pihak di daerah sehingga potensi tertular pada saat melakukan respons darurat dapat dihindarkan," katanya.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Sedangkan, untuk data gempa bumi yang mengguncang wilayah Indonesia selama bulan Juni 2020 mencapai 667 gempa tektonik.

Perbaikan jalan di Jawa Tengah rusak akibat banjir

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Jalan yang rusak akibat banjir, diperkirakan mencapai 100 kilometer yang terbagi di berbagai titik. Diantaranya Purwodadi Grobogan, Jati-Klambu, Kudus-Margoyoso

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024