Ini Satu-satunya Kapolres Perempuan di Jatim

(Ilustrasi) Para Polwan di Lingkungan Polri
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Jawa Timur ternyata punya Kapolres perempuan. Namanya AKBP Ganis Setyaningrum. Dia adalah Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Uut Permatasari Cerita Awal Mula Kenalan dengan Pamen Polri yang Kini Jadi Suaminya

Dilantik pada Januari 2020, ia menjadi satu-satunya polisi perempuan yang menjabat sebagai kapolres di lingkungan Kepolisian Daerah Jawa Timur. Hari Bhayangkara ke-74, 1 Juli 2020, menjadi bukti peran perempuan di institusi tersebut.

Perwira dengan dua melati di pundaknya itu, hingga saat ini masih dipercaya sebagai kapolres. Di tengah-tengah pandemi Covid-19, apalagi di Surabaya dan Jawa Timur saat ini menjadi pusat penyebaran tertinggi di Tanah Air, ia turut membantu memutus mata rantai penyebarannya. Perempuan berjilbab itu banyak melakukan inovasi di tengah-tengah masyarakat.

Kondisinya Memprihatinkan, 3 Rumah Warga Manokwari Dibedah

Ketika berada di tengah-tengah masyarakat, yakni di Kampung Nambangan Surabaya, ia tak segan-segan untuk mengajari anak-anak kampung itu dalam pencegahan pandemi Covid-19. Protokol kesehatan diajari dengan telaten oleh mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Yakni, menyosialisasikan agar masyarakat tetap mengenakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu, bagaimana caranya mencuci tangan yang baik dan benar. 

Anak Polisi Roasting Ayahnya Sendiri di Hadapan Para Jenderal, Kapolri Sampai Ngakak

Soal prestasi, jangan ragukan kemampuannya. Ia pernah menjadi penyidik di KPK.

Di komisi antirasuah itu, selama kiprahnya, ia banyak mengungkap kasus-kasus korupsi yang melibatkan elite pejabat di negeri ini. Perempuan kelahiran Malang, Jawa Timur itu, juga pernah menjabat sebagai Kasubdit III Sumber Daya dan Lingkungan (Sumdaling) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Dalam jabatannya tersebut, sejumlah kasus besar ditanganinya. 

AKBP Ganis, sosok kapolres perempuan di jajaran Korps Bhayangkara, diharapkan mampu menunjang profesionalitas Polri ke depan. Terutama dalam kesetaraan gender di lingkungan Polri.

Laporan: Zainal Azhari/TvOne Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya