Penampakan Kebakaran Lahan Gambut di Jambi

Ilustrasi: Satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan Kepolisian.
Sumber :
  • VIVAnews/Bambang Irawan

VIVA – Lahan gambut di yang terletak di Desa Ramin, Kabupaten Muaro Jambi terbakar. Lokasi kebaran itu berdekatan langsung dengan dua perusahaan yakni PT EWF dan PT RMJS. 

Terima Kasih Ndan! 3 Pesawat TNI Sukses Bikin Hujan Buatan di Sumatera

Informasi dihimpun VIVAnews, terbakarnya gambut belum diketahui penyebabnya. Namun terlihat kepulan asap tebal di tengah-tengah lahan tersebut. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang meluas, tampak aparat gabungan dari TNI, kepolisian dan BPBD serta masyarakat setempat, melakukan pemadaman agar api tidak menyebar luas.

Kepala BPBD Bachyuni membenarkan ada kebakaran gambut tepatnya di Kabupaten Muaro Jambi. Saat kejadian pada Jumat 3 Juli 2020 kemarin, langsung dilakukan proses pemadaman.

Kualitas Udara di Jambi Masih Berbahaya

"Berapa hektar gambut yang terbakar kita belum tahu, karena BPBD Provinsi belum mendapat data lengkap dari BPBD Kabupaten Muaro Jambi," jelasnya.

Sementara itu, dari Juni sampai Juli 2020 Tercatat 129 Hektar Lahan Terbakar di Provinsi Jambi sedangkan data di Desa Rahim, belum masuk hitungan.

Hutan dan Lahan di Jambi Kembali Terbakar, Udara Tercemar

"Ya ada 129 hektare terbakar selama 2020 diantaranya kabupaten dan kota di Provinsi Jambi dan terbaru dalam data ratusan hektare itu di Kabupaten Tanjung Jabung Timur," terangnya.

Terpisah, Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto membenarkan ada kebakaran lahan dan pihaknya sudah menurunkan proses pemadaman dan terahir dikabarkan berhasil dipadamkan.

"Iya sedang dalam proses pemadaman oleh Polri,TNI, BPBD dan pihak perusahaan yang berdekatan di tempat kebakaran," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya