Giliran Bengkulu Diguncang Gempa, Terasa hingga Lampung

Gempa di Bengkulu
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengumumkan informasi mutakhir terkait gempa bumi. Baru saja gempa berkekuatan 5,2 skala Richter mengguncang wilayah tenggara Enggano, Bengkulu.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Pantauan BMKG, gempa Bengkulu terjadi pada 7 Juli 2020, sekira pukul 13.16 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat 7.47 Lintang Selatan, 103.02 Bujur Timur atau 250 kilometer Tenggara Enggano, Bengkulu dengan kedalaman 10 km.

Untuk guncangan gempa Bengkulu dirasakan (MMI) I-II di wilayah Tanggamus, Lampung. Menurut BMKG, gempa di Enggano, Bengkulu ini tidak berpotensi tsunami.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Gempa Bengkulu ini terjadi hanya berselang satu jam lebih dari gempa 5,1 SR yang mengguncang wilayah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Episentrum gempa berada 18 kilometer Barat Daya Rangkasbitung, Banten dengan kedalaman 87 km. 

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan, gempa dengan kedalaman 87 km dan memperhatikan lokasi episenter serta kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi pada Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di bawah Banten selatan. 

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," ujar Daryono dalam keterangan tertulisnya, Selasa 7 Juli 2020.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024