Dirjen Dukcapil Bantah Istimewakan Djoko Tjandra

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Buronan Kejaksaan Agung Djoko Tjandra, sempat membuat KTP elektronik yaitu di Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama Jakarta Selatan, pada 8 Juni 2020.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Banyak pihak menilai ia diistimewakan. Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking mengaku bahwa ia mengurusi keinginan kliennya untuk membuat KTP elektronik. Maka ia menghubungi lurah tersebut. Menurut Anita, tidak ada yang diistimewakan oleh pihak kelurahan.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan, memang tidak ada yang diisimewakan termasuk saat Djoko Tjandra membuat KTP elektronik.

Ubah Hasil Pemilu 2024, Tujuh Anggota KPPS Berstatus DPO Polres Tapanuli Tengah

"Prosesnya bu Anita tadi jelaskan ada telepon dulu. Tak apa-apa itu bagian melayani," kata Zudan, dalam program ILC TvOne bertajuk 'Simsalabim Djoko Tjandra', Selasa 7 Juli 2020.

Dia mengatakan, bahwa pengurusan KTP elektronik saat ini memang dikebut untuk dipercepat. Semua pelayanan itu tercantum dalam sistem, sehingga kapan dan sampai selesai kapan Djoko Tjandra membuat KTP tersebut, semuanya terekam.

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

"Djoko Tjandra itu merekam 7.27 menit. Selesai jam 8,46 WIB. Jadi memerlukan waktu 1 jam 19 menit. Semua proses di sistem atmindu kita terdata. Kalau Djoko Tjandra menyelesaikan dalam waktu 1 jam 19 menit itu biasa-biasa saja," katanya.

Jelas Zudan, selama ini pihaknya sudah menyelesaikan pembuatan KTP elektronik hampir satu juta penduduk. Dan tidak sedikit yang selesai justru di bawah satu jam. Ada sekitar 275.477 orang yang diselesaikan dalam waktu tidak sampai satu jam. 

Kecepatan dalam penanganan KTP elektronik, dijelaskan Zudan, memang menjadi tugas mereka. Termasuk yang tertera dalam perundang-undangan. Maka ketika Mendagri masih dijabat Tjahjo Kumolo hingga sekarang Tito Karnavian, terus didorong agar pelayanan lebih cepat. Bahkan kata dia, Mendagri Tito sudah menyiapkan agar pembuatan KTP elektronik bisa hanya dalam hitungan menit.

"Tidak ada yang luar biasa di dalam pelayanan di Grogol Selatan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya