Ribuan Pegawai Kantor Wali Kota Jakbar Ikuti Rapid Test Massal Corona

Rapid test massal digelar di kantor Wali Kota Jakarta Barat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Intelijen Negara (BIN) terus berkomitmen membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Kali ini, BIN menggelar rapid test dan swab test massal di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Kasus COVID-19 Tinggi Lagi di AS, Masyarakat Lakukan Rapid Tes Mandiri

Kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Terlebih, kantor wali kota Jakarta Barat merupakan kantor pelayanan publik yang berinteraksi dengan masyarakat. BIN menyasar para pegawai di lingkungan wali kota Jakarta Barat.

Staf Khusus Kepala BIN, Mayjen TNI (Purn) Neno Hamriono mengatakan, dalam rapid test ini, BIN menyasar para pegawai di lingkungan kantor wali kota Jakarta Barat mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai lainnya. Diharapkan lewat rapid test ini dapat membantu Pemerintah Kota Jakarta Barat dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. 

Kepala BIN: Saatnya Indonesia Punya Medical Intelligence Andal

"Ini khusus ditujukan kepada ASN yang ada di lingkup Jakbar juga ada dari BPN, Kejari dan instansi di lingkungan (kantor) wali kota Jakarta Barat," ucap Neno kepada wartawan di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu, 8 Juli 2020.

Baca juga: 200 Orang Lebih di Secapa TNI AD Bandung Positif Corona

Wilayah 4T di Sulawesi Utara Digempur Vaksinasi

Neno mengatakan, angka kasus di DKI Jakarta masih cukup tinggi. Namun, ia yakin dengan gelaran rapid test massal ini dapat memudahkan pemerintah setempat melakukan traking. Ia juga mengingatkan akan pentingnya protokol kesehatan. 

"Tingkat kesadaran ini yang penting dilakukan. Protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah harus dijalani seperti cuci tangan, jaga jarak dan lain-lain," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, BIN menyediakan 2.000 kit rapid test dan menerjunkan dua unit Mobil Laboratorium PCR untuk melakukan uji swab test serta dua unit mobil ambulans. Mobil laboratorium milik BIN ini diperuntukan bagi warga yang hasilnya menunjukkan reaktif.

Hasilnya bisa diketahui dalam waktu lima jam. Mobil laboratorium COVID-19 ini, merupakan laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia.

Selain itu, BIN mengerahkan 40 tenaga medis dari Medical of Intelligence untuk menangani pegawai kantor wali kota Jakbar yang mengikuti rapid test dan swab test

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengapresiasi langkah BIN yang gencar melakukan rapid test dan swab test maraton di sejumlah wilayah Jabodetabek dan lainnya. Rustam mengatakan, kegiatan BIN dinilai sungguh bermanfaat.

"Ini kegiatan BIN untuk kesekian kalinya di Jakarta Barat, karena sebelumnya di Jakbar sudah dilakukan. Hari ini sampai besok dilakukan di  (kantor) wali kota Jakbar dengan sasaran pegawai ASN serta PJLB, karyawan cleaning service, Pamdal, seluruh karyawan dan karyawati di kantor kecamatan, BPN, Kejari, Polres dan Kodim," ujarnya. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kota Jakarta Barat dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19," tutur dia.

Rustam mengungkapkan, pihaknya menyiapkan 2.380 pegawai di lingkungan kantor wali kota Jakarta Barat untuk mengikuti kegiatan rapid test dan swab test massal ini. Menurut Rustam, rapid test gratis sangat membantu, mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tes cepat dan swab test cukup mahal.

"Kalau seadanya dilakukan oleh kantor wali kota Jakarta Barat biaya berapa untuk 2.300 sekian. Sementara kita konsentrasinya di tingkat provinsi. Jadi ini sangat membantu sekali," jelasnya.

BIN akan berada di kantor wali kota Jakarta Barat untuk menggelar rapid test dan swab test massal selama dua hari yakni 8 dan 9 Juli 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya