#UnpadKokGitu Trending, Ada Apa?

#UnpadKokGitu jadi trending
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Tagar #UnpadKokGitu tengah menjadi trending topik pertama di media sosial Twitter. Hal ini menyusul dengan keluhan para mahasiswa terkait dengan kebijakan penuruan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) bersyarat Universitas Padjajaran (UNPAD) yang dinilai memberatkan.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Lewat Twitter, tagar #UnpadKokGitu digaungkan sejumlah mahasiswa dengan menyisipkan keluhan.  Mereka mengaku bahwa kebijakan penurunan UKT yang dinilai terlalu mempersulit mahasiswa. "Nurunin UKT kok bersyarat, ntar syarat dah dilakuin malah ga diturunin karena dikira 'mampu'....padahal fasilitas kampus ga semua dipake karena 'Learn from home'@unpad #UnpadKokGitu #KemaUnpadMenggugat," komentar netizen.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Bahkan dinilai sebagian mahasiswa, kebijakan tersebut tidak diiringi dengan perbaikan fasilitas kampus. "Okeee gpp ukt normal, tp toloongg yaaaa fasilitas kampus diperbaikii, terutama FISIP woiii mana kelasnya kurang bnykk smpe hrs ke fakultas lain kalo kuliah trs WC nya juga jelekkk. Loudly crying face pls ya unpad katanya world class university ihh gmn siii @unpad#UnpadKokGitu#KemaUnpadMenggugat," tulis netizen lain.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Baca Juga: Banyak yang Tak Percaya COVID-19 Nyata, Pasien Corona Beri Kesaksian

"Mampu tidak mampu, yang jelas tuh duit sebanyak itu mau dipake buat apa? Fasilitas kampus aja ga dipakai. Hei dikira internet murah apa?! @unpad #UnpadKokGitu #KemaUnpadMenggugat," ujar netizen lain.

Ada juga netizen berpendapat bahwa UKT yang dibebankan kampus tidak masuk akal. Sebab, saat ini sejumlah mahasiswa melakukan pembelajaran melalui sistem daring. "Padahal kuliah di rumah pake fasilitas yg dikasi keluarga bukan yg dikasi bu rektor:) #UnpadKokGitu," komentar netizen.

"#kampusmerahkamimarah#UIBergerak #UnpadKokGitu  Ini semua pergerakan yang di mana kita meminta hak kita bukan sebagai arogansi, apatis atau tidak berkependidikan ...," tulis netizen lain.

Untuk diketahui, sejak ditemukannya kasus COVID-19 pada Maret 2020 lalu di Indonesia, sejumlah peraturan diberlakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus COVID-19 semakin meluas, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas dari rumah.

Hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Seluruh kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi mulai beralih melalui daring atau online. Semenjak itu pula, beragam keluhan mulai dirasakan oleh para mahasiswa, baik dari efektivitas maupun fasilitas pembelajaran yang kurang memadai.

Secara bergiliran, nama sejumlah kampus pun jadi tranding di media sosial Twitter dalam beberapa minggu terakhir. Mereka menuntut agar uang kuliah tunggal (UKT) diturunkan dan mendapat fasilitas yang memadai saat kuliah daring, seperti subsidi pulsa bagi mahasiswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya