Jokowi Beli Sapi Kurban Berbobot 1 Ton di Bantul, Begini Penampakannya

Sapi milik peternak Bantul yang dibeli Jokowi
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Seekor sapi berbobot 940 kilogram milik peternak asal Sedayu, Kabupaten Bantul dibeli oleh Presiden Jokowi. Sapi jenis Simetal ini akan menjadi hewan kurban Presiden Jokowi.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul, Joko Waluyo menyampaikan jika pemilik sapi adalah Rikadaru Effendi. 

Pemilik sapi merupakan peternak sapi di daerah Karangasem, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, DIY.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Menurut Joko, sebelum dipilih ada tim dari Kementerian Pertanian dan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates yang melakukan pengecekan. Saat itu, kata Joko, ada lima peternak yang mengikuti proses seleksi.

"Ada lima peternak yang ikut seleksi. Tiga peternak dari Bantul. Dua dari Sleman. Kemudian yang dipilih dari Sedayu, Bantul," kata Joko saat dihubungi, Rabu 8 Juli 2020.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

"Sapi jenis Simetal dengan bobot lebih kurang 940 kilogram. Dibeli seharga Rp87 juta," imbuh Joko.

Baca: Kurangi Risiko Terpapar COVID-19, Ikuti Cara Aman Potong Hewan Kurban

Joko menambahkan nantinya sapi tetap dirawat oleh pemilik meskipun demikian kondisi kesehatan sapi akan dilakukan pengecekan oleh petugas. Jelang hari penyembelihan nanti akan diambil oleh petugas.

"Sementara masih dititipkan ke pemilik. Untuk pakan ditanggung sama pemilik. Nanti diambil di hari H. Sapi akan tetap kita pantau kondisinya sampai hari H," ungkap Joko.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya