200 Calon Perwira Kena Corona, Bamsoet Minta Secapa TNI AD Diisolasi

Politikus Golkar sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo turut menyoroti terkait adanya ratusan calon perwira TNI AD yang diduga positif COVID-19. Menurut Bamsoet, hal ini perlu ditangani secara cepat dan pimpinan Secapa TNI AD segera mengirimkan siswa yang terpapar COVID-19 untuk mendapatkan penanganan dengan baik ke rumah sakit rujukan.

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

"Tim Gugus Tugas COVID-19 juga dapat melakukan penelusuran kontak (contact tracing) untuk mengidentifikasi persebaran virus COVID-19 di lingkungan Secapa," kata Bamsoet, kepada awak media, Kamis 9 Juli 2020.

Bamsoet meminta agar Tim Gugus Tugas COVID-19 Jabar bersama Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah institusi pendidikan tersebut. Bahkan, jika memang diperlukan, lokasi tersebut diisolasi untuk mencegah tersebarnya virus.

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Baca juga: 200 Orang Lebih di Secapa TNI AD Bandung Positif Corona

"Mendorong penyemprotan disinfektan dan mengisolasi satu area institusi pendidikan militer tersebut, serta menggencarkan pemeriksaan dan pelacakan di sekitar 20 institusi pendidikan militer lainnya selama dua pekan ke depan, sebagai upaya mencegah penyebaran virus COVID-19 yang lebih meluas," ujar Bamsoet.

Airlangga Bungkam soal Rumor Dia Jadi Calon Ketua Umum Golkar Lagi

Setiap pimpinan institusi, kata Bamsoet, perlu diingatkan lebih tegas mengenai penerapan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19. Selain itu, pimpinan institusi perlu mengawasi penerapan protokol kesehatan tersebut.

"Pemerintah dan Tim Gugus Tugas COVID-19 harus melakukan pelaksanaan tes COVID-19 secara masif juga pelacakan kontak di sejumlah tempat yang dinilai rawan penularan, seperti asrama-asrama pendidikan guna mencegah terjadinya klaster baru penyebaran COVID-19," ujarnya.

Sebelumnya, Tim Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Barat telah mengumumkan secara resmi tentang adanya klaster baru penularan pandemi virus Corona atau COVID-19 di lingkungan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD. 

Tidak tanggung-tanggung, jumlah calon perwira TNI AD yang diduga positif COVID-19 mencapai 200 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya