Rektor USU Positif COVID-19 dari Hasil Tes Swab

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Runtung Sitepu
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution (Medan)

VIVA – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Runtung Sitepu dinyatakan positif terpapar COVID-19 dari hasil tes swab di Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di RS USU. Namun, Runtung masuk dalam orang tanpa gejala (OTG) dan dalam keadaan sehat. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Selain Runtung, Wakil Rektor I USU, Prof Rosmayati dan suaminya, merupakan anggota Majelis Wali Amanat USU serta Prof Darma Bakti juga dinyatakan positif COVID-19. Keduanya, dalam keadaan sehat dan juga masuk dalam OTG.

"Benar, Pak Rektor USU dan ibu Wakil Rektor I, berdasarkan hasil swab positif. Alhamdulillah dalam kondisi sehat dan baik-baik saja. Karena, berstatus orang tanpa gejala," ungkap  Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti kepada wartawan di Medan, Minggu 12 Juli 2020.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Baca juga: Cerita Dahlan Iskan soal Rapid Test Tak Bisa Dipercaya

Elvi menjelaskan, para pimpinan USU tengah dilakukan pemantauan perkembangannya pasca status positif COVID-19. Ia mengaku, hal ini tidak mengganggu aktivitas birokrasi di USU.

USU Kukuhkan 5 Guru Besar Baru, Rektor Ingatkan Pentingnya Rekognisi Internasional

"Mari kita ikut mendoakan kesehatan dan kesembuhan mereka. Semoga mereka  selalu dalam lindungan Allah," tutur Evi.

Terpisah, Ketua Tim Lab Pemeriksa COVID-19 RS USU, dr Dewi Indah Sari Siregar, MKed (ClinPath), Sp.PK mengatakan ketiganya dalam keadaan sehat. Namun, hanya WR 1 USU menjalani perawatan di RS Columbia Asia Kota Medan.

"Sampai kemarin (WR 1 USU), masih di RS Columbia Asia. Karena ruang rawat di RS USU full oleh pasien," ungkap Dewi saat dikonfirmasi VIVA.

Dewi mengatakan pihak terus memantau perkembangan ketiga profesor bertugas di USU. Di mana, penanganan medis dilakukan secara optimal dan baik.

"Alhamdulillah, kondisinya sehat tidak bergejala," kata Dewi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya