Bertambah, Santri Gontor Positif COVID-19 Kini Jadi 12 Orang

Pemeriksaan kesehatan terhadap santri di pesantren
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA – Jumlah santri di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 di Desa Madusari, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur yang terkonfirmasi positif Corona COVID-19 terus bertambah. Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Ponorogo, jumlah santri yang terjangkit COVID-19 jadi 12 orang.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Laporan tvOne yang dikutip VIVA, Senin, 13 Juli 2020, sebanyak 12 santri yang terjangkit positif COVID-19 sudah menjalani swab test. Kini, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Ponorogo masih menunggu hasil swab test terhadap 52 santri lainnya. Swab test itu sudah dilakukan Dinkes Kabupaten Ponorogo.

Baca Juga: Santri Gontor Positif Corona, Gugus Tugas Salurkan Alat Rapid Test

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Pun, secara akumulasi, swab test sudah dilakukan terhadap 892 santri dan pengasuh Pondok Modern Gontor 2 Ponorogo.

Terkait itu, tim Gugus Tugas mengumumkan ada empat warga Ponorogo yang terkonfirmasi positif. Satu dari empat santri yang terkonfirmasi positif merupakan santri Ponpes Modern Gontor Darussalam. Data satu santri itu sudah masuk dari 12 yang terkena COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sementara itu, untuk santri yang dinyatakan positif menjalani perawatan di rumah sakit. Adapun, ratusan santri lainnya yang punya riwayat kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif menjalani isolasi mandiri dengan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Irin Kusdarini, menyampaikan, dinkes saat ini sudah melakukan rapid test terhadap hampir 10.000 orang.

Dari rapid test yang kemudian swab test diketahui ada 81 pasien positif COVID-19. Lalu, 33 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Selain itu, dilaporkan ada empat kasus meninggal dunia.

Irin mengimbau agar warga Ponorogo patuh dan menjalani protokol kesehatan. Ia menjelaskan, penting selalu mengenakan masker hingga rajin mencuci tangan.

Selain itu, penting untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik demi mencegah penularan COVID-19. (art)

Laporan: Aries Sutikno-tvOne dari Ponorogo, Jatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya