Dosen Unsyiah Aceh Positif Corona

Universitas Syiah Kuala
Sumber :
  • Dok. Universitas Syiah Kuala

VIVA – Seorang dosen Fakultas Pertanian di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh terkonfirmasi positif virus corona, melalui hasil swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Aceh.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Dosen perempuan berinisial EM itu saat ini sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh untuk dilakukan perawatan secara intensif.

Rektor Unsyiah, Profesor Samsul Rizal, membenarkan adanya salah satu dosen yang terpapar virus corona. Dosen tersebut terakhir kali ke kampus sekitar 14 hari yang lalu.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

“Dosen tetap Fakultas Pertanian. Terakhir ke Unsyiah pada SIPKD, sekitar 30 Juni lalu,” kata Profesor Samsul saat dikonfirmasi, Senin, 13 Juli 2020.

Saat ini, ruang tempat dosen itu juga sudah disterilkan dengan dilakukan penyemprotan disinfektan. Berdasarkan keterangan dari petugas, ruang tempat dosen tersebut bekerja sudah aman, hanya tersisa bau cairan disinfektan.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

“Berdasarkan analisis kami, (ruang tersebut) sudah aman, dan akan kami buka lagi besok atau lusa, tergantung pada bau sisa disinfektan,” ucapnya.

Ia meminta kepada dosen yang bertugas satu gedung dengan pasien positif tersebut untuk melakukan rapid test atau uji swab. Bila memang dalam kondisi kurang sehat, agar segera melakukan isolasi mandiri.

Samsul mengatakan mahasiswa yang masuk ruang tersebut akan diperketat agar mengikuti protokol COVID-19. Cairan disinfektan akan disediakan di ruangan itu sehingga tamu yang masuk dapat melakukan disinfeksi terlebih dulu.

Hingga kini, secara kumulatif kasus pasien positif corona di Aceh mencapai 107 orang. Dengan rincian 65 orang sembuh, 38 dirawat di rumah sakit rujukan dan empat meninggal dunia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya