12 Juta Pedagang Kecil Dapat Bantuan Modal Rp2,4 Juta dari Jokowi

Presiden Jokowi memberikan bantuan tunai kepada pedagang mikro di Istana Bogor
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA – 

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung
Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi
Presiden Joko Widodo sudah dua kali mengundang pelaku usaha atau pedagang kecil
Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?
. Baik itu di Istana Negara Jakarta maupun di Istana Bogor, seperti pada Rabu, 15 Juli 2020.

Dalam akun Instagram miliknya, @jokowi, Kepala Negara mengatakan, para pelaku usaha kecil yang datang ke Istana adalah mereka yang terdampak COVID-19. Kemarin, di Istana Bogor, adalah pedagang kecil yang ada di sekitar Bogor.

"Penghasilan mereka menurun jauh, bisa separuh atau sepertiga dari yang mereka peroleh sebelum pandemi," kata Presiden Jokowi dalam akun Instagram seperti dikutip VIVA, Kamis 16 Juli 2020.

Baca juga: Pasien Negatif Tambah 78, Positif COVID-19 di Secapa AD Sisa 948 Orang

Pedagang kecil yang mendapatkan bantuan itu seperti pedagang kaki lima, pedagang keliling, atau pedagang mikro lainnya.

Dengan kondisi seperti pandemi COVID-19 saat ini, Jokowi mengakui sangat memberi dampak pada pedagang mikro ini. Presiden mengatakan, atas nama pemerintah, mereka diberikan bantuan modal kerja darurat. Yakni berupa dana tunai yang bisa segera digunakan. 

"Mudah-mudahan, dengan bantuan ini, mereka lebih bersemangat, tetap bekerja keras, dan mampu bertahan menghadapi pukulan pandemi ini," lanjut mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Setiap pedagang atau pengusaha kecil dan mikro ini, mendapatkan dana tunai dari bantuan Presiden alias banpres sebesar Rp2,4 juta.

Pemberian bantuan modal kerja darurat kepada pengusaha atau pedagang kecil ini, akan dilakukan ke lebih banyak pelaku usaha kecil itu. Bahkan, Jokowi menjanjikan, akan siap mencairkan dana bantuan untuk 12 juta pedagang kecil.

"Dalam beberapa waktu ke depan, bantuan serupa juga diserahkan kepada lebih banyak lagi pelaku usaha kecil, paling tidak 12 juta pedagang kecil di seluruh Tanah Air, untuk membantu perekonomian mereka," tutur Presiden. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya