Ridwan Kamil: Pembagian Daging Qurban Idul Adha Harus Door to Door

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta panitia qurban Idul Adha memberlakukan pembagian daging qurban door to door warga yang membutuhkan untuk menghindari kerumunan agar memutus mata rantai penularan virus corona atau COVID-19.

"Kalau qurban gini, tidak boleh ada pembagian secara fisik. Sudah diperintahkan pembagian daging qurban itu harus door to door, panitia khusus wajib selama pandemi membuat sistem untuk membagikan ke rumah-rumah," ujar Ridwan Kamil di Bandung Jawa Barat, Kamis 16 Juli 2020.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Baca juga: Ridwan Kamil Waspadai Sekolah Kedinasan Jadi Klaster Baru Corona

Untuk mematangkan pelaksanaan, Ridwan Kamil mengimbau panitia qurban untuk melibatkan relawan, perangkat pemuda dari Karang Taruna hingga ibu-ibu PKK. "Tidak boleh memakai kantong plastik. Ada dua minggu persiapan untuk menggunakan besek, sehingga berdayakan ekonomi lokal yang membuat besek dari anyaman bambu," katanya.

Ridwan Kamil menambahkan, menjelang Idul Adha masyarakat untuk meminimalisir kegiatan yang mengharuskan berkerumun. "Sehingga proses ini memungkinkan selama COVID kan. Dulu bedanya beli baju online, sekarang beli kambing dan sapi (secara) online. Itu butuh sebuah kampanye kesadaran," terangnya.

"Lalu tidak boleh menjual (hewan kurban) di tempat yang sempit yah. Sekarang tolong diatur secara ketat. Hanya daerah yang lapangnya besar dan terbuka itu diizinkan untuk melakukan penjualan (hewan kurban secara offline)," lanjut mantan Wali Kota Bandung itu. (ren)

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024