PAN Ikut Usung Putra Jokowi Gibran Rakabuming di Pilkada Solo

Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Partai Amanat Nasional (PAN) resmi ikut mengusung putra Presiden Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon Wali Kota Solo, Jawa Tengah. Setelah PDI Perjuangan, memilih untuk mengusung Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakoso.

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Keputusan PAN itu sudah dikukuhkan dalam surat rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat PAN. Wakil Ketua Umum Viva Yoga Maulady menjelaskan sejumlah alasan pihaknya ikut mendukung dan menjadi pengusung Gibran pada Pilkada Solo yang akan dihelat Desember 2020 mendatang.

"PAN mengusung Gibran sebagai calon wali kota. Alasannya, pertama, Mas Gibran mewakili generasi milenial yang mempunyai kemandirian ekonomi, karena dia punya ubsaha bisnis. Meski bapaknya seorang presiden, mas Gibran ingin tampil sebagai pribadi sendiri," jelas Viva Yoga kepada VIVA, Jumat 17 Juli 2020.

Diah Warih Ngobrol Akrab dengan Jokowi di Istana, Minta Restu Maju Pilkada Solo?

Baca juga: PDIP Pilih Gibran dan Teguh Sebagai Calon Wali Kota di Pilkada Solo

Rencananya, penetapan nama-nama yang diusung PDIP pada pilkada 2020 ini akan diumumkan secara virtual. Gibran sendiri sudah mengaku menerima surat undangan itu. Dengan putusan resmi PDIP ini, maka PAN langsung menjadi bagian dari partai pengusung putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Bukan Cagub atau Cawapres, Gibran Disarankan Matang Dulu Jadi Walkot Solo 2 Periode

"Mas Gibran orang baik, memiliki hati untuk memakmurkan rakyat jika terpilih," lanjut Viva.

Diberitakan sebelumnya, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bersama Teguh Prakosa bakal diusung sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Solo 2020. Keduanya pun diundang ke kantor DPD PDIP Jawa Tengah untuk mengikuti pengumuman hasil rekomendasi DPP PDIP secara virtual.

Ketika dikonfirmasi, Gibran Rakabuming Raka mengaku telah menerima undangan untuk hadir dalam pengumuman hasil rekomendasi DPP PDIP secara virtual di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah di Pantai Marhaen, Semarang. Undangan tersebut diserahkan langsung melalui kantor DPC PDIP Solo.

"Nggih. Tadi undangan sudah diserahkan Pak Franky ke saya. Pak Franky DPC (PDIP Solo)," kata dia melalui layanan pesan instan, Kamis 16 Juli 2020.

Dalam kesempatan itu, Gibran juga meminta doanya agar semua acara yang berlangsung pada Jumat di Semarang berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun. "Saya mohon doanya aja agar semua dilancarkan," harapnya.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Solo yang juga Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengaku telah menerima undangan untuk menghadiri pengumuman hasil rekomendasi DPP PDIP untuk pasangan yang bakal maju dalam Pilkada Solo. 

Adapun undangan itu selain pengurus DPC PDIP Solo juga diberikan kepada calon pasangan yang bakal menerim rekomendasi. "Yang diundang saya, sekretaris, wakil ketua bidang pemenangan pemilu, Teguh dan Gibran," kata Rudy. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya