Biaya Rapid Test Tak Murah, Ini Cara Sandiaga dan Relawan Bantu Warga

Rapid test massal di Tanah Abang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan COVID-19 kembali menggelar rapid test massal dalam rangka membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kali ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menyasar kantor Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Uno, mengatakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 ini selain gelar rapid test massal, juga fokus untuk membantu masyarakat dalam meringankan beban biaya hidup. Sebab, hasil rapid test sekarang penting di masa PSBB transisi sebagai syarat untuk bisa beraktivitas.

"Kita terus bergerak atas nama Relawan Indonesia bersatu lawan COVID-19 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya di Kecamatan Tanah Abang, untuk menyelenggarakan rapid test,” kata Sandi di Kantor Kecamatan Tanah Abang pada Jumat, 17 Juli 2020.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Baca juga: Sandiaga dan Prabowo Bertemu Bahas Lapangan Kerja

Menurut dia, salah satu kegiatan ini selain memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah membantu masyarakat menurunkan beban biaya hidup. Karena rapid test sekarang dibutuhkan untuk keperluan sekolah, keperluan sehari-hari termasuk keperluan untuk masuk ke pekerjaan.

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

Dengan begitu, Sandi mengatakan, sangat penting membantu meringankan beban biaya hidup masyarakat akibat dampak pandemi COVID-19. Sebab, di era new normal ini persyaratan untuk aktivitas kembali membutuhkan hasil rapid test yang biayanya tidak murah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pak camat dan semuanya, semoga kegiatan kita dapat menurunkan penularan COVID-19. Yang menjadi fokus kita adalah menurunkan beban biaya hidup masyarakat sekarang yang terdampak COVID-19," ujar Sandi.

Oleh karena itu, Sandi mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap menjalankan aktivitasnya yakni dengan menerapkan slogan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

"Justru kami ke sini untuk selain menyelenggarakan rapid test adalah untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Jadi, kita jangan merasa terlena dan melupakan protokol kesehatan yang disiplin karena sempat PSBB direlaksasi," katanya.

Camat Tanah Abang, Yassin Pasaribu, mengucapkan terima kasih kepada Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 atas bantuan penyelenggaraan rapid test massal diiringi swab test dengan mobile PCR test ini. Yassin mengakui upaya pencegahan lewat rapid test ini begitu efektif.

"Saya atas nama pemerintah dan warga masyarakat, khususnya Kecamatan Tanah Abang, mengucapkan terima kasih kepada Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 yang sudah melaksanakan kegiatan ini di wilayah Kecamatan Tanah Abang," tuturnya.

Yassin mengingatkan kembali soal protokol kesehatan. Menurutnya, meski wilayah Tanah Abang sudah masuk dalam zona oranye atau kasus positif COVID-19 menurun, masyarakat diharapkan untuk tetap patuh pada aturan pemerintah yaitu protokol kesehatan.

"Meskipun sudah memasuki zona oranye, tetapi kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Keluarga kita dan seluruh warga masyarakat akan aman. Karena itu yang bisa untuk menahan laju penyebaran COVID-19," jelasnya.

Dalam rapid test ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menyiapkan 40 tenaga medis profesional. Sebanyak 1.000 alat rapid kit juga disediakan untuk mengakomodir masyarakat yang hendak mengikuti rapid test ini.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 juga menyediakan 2 unit mobile laboratorium untuk melakukan uji swab test berbasis PCR test. Mobile Lab ini diperuntukkan bagi masyarakat yang menunjukan hasil reaktif usai mengikuti rapid test. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya