Rektor Positif COVID-19, USU Tetap Gelar Wisuda Online

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Runtung Sitepu
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution (Medan)

VIVA – Universitas Sumatera Utara (USU) akan menorehkan sejarah baru, dalam melaksanakan wisuda Periode IV Tahun Ajaran 2019/2020. Itu lantaran pelaksanaan wisuda yang dilakukan secara daring atau online dan rektornya masih dalam masa isolasi mandiri akibat positif COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Wisuda lulusan USU Periode IV Tahun Ajaran 2019/2020 yang dilaksanakan secara daring yang pertama dalam sejarah USU yang memasuki usia 68 Tahun," ujar Rektor USU Prof. Runtung Sitepu dalam keterangan tertulis kepada wartawan di Medan, Senin, 20 Juli 2020.

Baca juga: Misbakhun Protes Pernyataan Sri Mulyani Sebut STAN Tidak Pelajari APBN

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Wisuda yang digelar Senin, 20 Juli 2020, sekitar pukul 13.00 WIB, hanya bisa disaksikan melalui YouTube USU. Wisuda seperti ini adalah pertama kalinya tanpa tatap muka disertai kebahagiaan dari wisudawan-wisudawati.

"Mohon kiranya untuk kita ikuti bersama. Suasananya agak mengharukan. Karena, suasana gedung auditorium yang biasanya penuh sesak, penuh suka cita, tawa ria. Wisuda kali ini semua itu tidak kita saksikan. Justru semua kursi di ruangan auditorium kosong melompong," kata Runtung.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Wisuda ini akan dipimpin langsung oleh rektor USU, meskipun saat ini masih menjalani isolasi mandiri.  "Kemudian, penyerahan ijazah kepada wisudawan/wisudawati tidak dilakukan rektor. Tetapi oleh orangtua kepada masing-masing anaknya," ujar Runtung.

Runtung mengaku tengah menjalani isolasi mandiri dan berakhir pada pekan ini. Karena, orang nomor satu di Kampus USU itu dinyatakan positif terpapar COVID-19 berdasar swab dan hasil Laboratorium PCR Rumah Sakit (RS) USU.

"Alhamdulillah sejak awal sampai saat ini, kondisi fisik saya segar dan bugar. Jumat (24 Juli 2020) nanti sudah berakhir masa isolasinya," ujar Runtung.

Runtung positif COVID-19 dengan status orang tanpa gejala. Saat ini, dia sedang menjalani isolasi mandiri di rumah pribadinya di Sumut. Tidak di rumah rektor di Kampus USU. Kemudian, istri, anak, menantu serta cucunya telah menjalani swab di Laboratorium RS USU dan hasilnya dinyatakan negatif.

Selain Runtung, Wakil Rektor I USU, Prof Rosmayati dan suaminya, merupakan anggota Majelis Wali Amanat USU, Prof Darma Bakti juga dinyatakan positif COVID-19. Keduanya, orang tanpa gejala dan tengah menjalani perawat di RS Columbia Asia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya