Survei: Ridwan Kamil Ungguli Anies-Ganjar dalam Penanganan COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA - Lembaga penelitian Charta Politika mengumumkan survei opini publik terbaru mereka, Rabu, 22 Juli 2020. Salah satu hasilnya menunjukkan bahwa publik menilai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memiliki kinerja terbaik dalam penanganan pandemi COVID-19.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Dari jawaban pertanyaan terbuka (top of mind) Ridwan Kamil mendapat 15,6 persen, diikuti Ganjar Pranowo 13,4 persen dan Anies Baswedan 11,8 persen. Di bawahnya terpaut cukup jauh ada Khofifah Indar Parawansa 5,1 persen dan Tri Rismaharini 2,2 persen.

Baca juga: Ridwan Kamil Ungkap Cara Raih Zona Hijau COVID-19

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Beberapa kepala daerah saat ini tengah digadang-gadang untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penilaian publik terhadap kinerja kepala daerah dalam penanganan COVID-19 ini, sejalan dengan tren peningkatan elektabilitas kepala daerah tersebut sebagai sebagai sosok calon presiden.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menjelaskan, dilihat dari tren elektabilitasnya, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo mendapat kenaikan paling besar dalam tiga bulan terakhir.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Elektabilitas Ridwan Kamil pada Mei baru 7,2 persen, pada  Juli naik menjadi 10,1 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo di bulan Mei elektabilitasnya 13,3 persen, naik menjadi 15,9 persen pada Juli. "Tampaknya penanganan pandemi ini menjadi panggung besar untuk RK dan Ganjar," kata Yunarto.

Survei dilakukan Charta Politika melalui telepon, dengan sampel sebanyak 2.000 responden yang dipilih secara acak, dari kumpulan sampel acak tatap muka yang pernah dilakukan Charta Politika dalam dua tahun terakhir. Menggunakan asumsi simple random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error MoE) +- 2,19 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen.

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024