Moeldoko Tegaskan Data Penanganan Corona Tak Mungkin Bohong

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menjamin bahwa data mengenai Corona atau COVID-19 tidak mungkin direkayasa. Menurut dia, data yang sebelumnya dipaparkan oleh Gugus Tugas merupakan realitas ataupun fakta yang terjadi di lapangan.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Hal itu dikatakan Moeldoko, menjawab pertanyaan wartawan, perihal hasil survei Charta Politika yang menyebut 40 persen responden tidak percaya data laporan penanganan Covid-19 dari pemerintah.

"Kita kan melihat realita ya, realitanya seperti korban yang meninggal kan itu tidak bisa dibohongi, semua proses pemakaman dan lain- lain, bisa diikuti dan dimonitor," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 23 Juli 2020.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Baca: Survei: Ternyata 40,9 Persen Publik Tak Percaya Data COVID-19?

Moeldoko meminta, terkait hasil survei itu tidak perlu dibesar- besarkan. Pemerintah dan masyarakat, lanjutnya, perlu bersama-sama untuk mengikuti protokol kesehatan. Sebab salah satu kunci menekan korban, adalah protokol kesehatan diikuti dan masyarakat dianjurkan hidup sehat. "(Bagaimana) meningkatkan kewaspadaan masyarakat, kesiapsiagaan masyarakat dalam merespons protokol itu agar tidak kendor," katanya.

Program Restrukturisasi Kredit Terdampak COVID-19 Berakhir, OJK Ungkap Alasan Tak Diperpanjang

Sebelumnya, survei yang dirilis Charta Politika menemukan, masih terdapat sebanyak 63,4 persen responden menyatakan puas terhadap pemerintah dalam menangani pandemi Corona. Jika dikerucutkan, kepercayaan itu, dikatakan pemerintah terbuka tentang penanganan Corona di Tanah Air.

Namun, Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyatakan, ketidakpercayaan masyarakat sebesar 40 persen tergolong tinggi. "Yang saya pikir menjadi sebuah tantangan terbesar ya buat pemerintah melakukan proses penanganan COVID-19 bersama dengan masyarakat," ujar Yunarto, saat paparan belum lama ini.
 

Wapres ke-10 dan 12 sekaligus politikus senior Partai Golkar, Jusuf Kalla di Perpusnas, Jakarta Pusat, Senin, 4 Maret 2024

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku bersyukur Lebaran pada tahun ini lebih ramai dan syahdu daripada tahun-tahun sebelumnya ketika wabah COVID-19 melanda.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024