Dalam 6 Bulan, Ketua KPK Klaim Telah Tangani 160 Kasus Korupsi

Pimpinan KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim lembaganya telah melakukan penyidikan terhadap 160 perkara tindak pidana korupsi. Dari jumlah kasus itu, KPK telah menetapkan 85 orang sebagai tersangka.

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?

Hal itu dikemukakan Firli terkait capaian kinerja enam bulan (Januari-Juli) 2020 institusinya dalam diskusi webinar 'Criminal Law & Criminology #4 Korupsi Bantuan Sosial' yang diselenggarakan oleh Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi (Mahupiki), Senin, 27 Juli 2020. "Dari 160 perkara yang dilakukan penyidikan oleh KPK, sampai hari ini KPK telah menemukan dan menetapkan 85 tersangka," kata Firli.

Baca juga: KPK Akan Awasi Program Organisasi Penggerak Kemendikbud

Firli melanjutkan, dari 85 tersangka, penyidik sudah melakukan penahanan terhadap 61 orang.
Dia juga mengungkapkan, KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap 3.512 saksi sepanjang proses penyidikan dalam kurun waktu enam bulan ini. "Dari 160 tindak pidana korupsi tersebut, KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi kurang lebih 3.512 saksi," ujar Firli.

Dalam kesempatan sama, Firli pun membeberkan masalah penyadapan, penggeledahan dan penyitaan yang telah dilakukan. Ia mengklaim kemitraan KPK dengan Dewan Pengawas sebagai pihak yang memberi izin terhadap segala upaya paksa tersebut, sejauh ini baik-baik saja alias tak menemukan hambatan.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, semua tindakan penyadapan, penggeledahan dan penyitaan yang dikerjakan KPK harus mendapat izin Dewan Pengawas. "Sehingga penggeledahan sudah kita lakukan kurang lebih 25 kali penggeledahan dengan 201 kali penyitaan," ujar Firli.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?
Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dengan tersangka mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mandek.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024