Aksi Penolakan Rapid dan Swab Test di Bali, Satgas COVID-19 Merespons

Puluhan pengunjuk rasa memajang tulisan dalam aksi menolak "rapid test" dan "swab test" COVID-19 di Denpasar, Bali, Minggu (26/7/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

VIVA – Pemerintah melalui Satuan Tugas COVID-19 merespons penolakan rapid dan swab test oleh sejumlah kalangan di Provinsi Bali. Aksi penolakan yang baru-baru ini digelar, menurut Ketua Satgas Doni Monardo, karena ketidakpahaman akan virus berbahaya tersebut.

"Jadi kami sudah koordinasi dengan tokoh di Bali. Mereka yang sejauh ini masih menentang penggunaan rapid dan swab test hendaknya dipanggil, diberi penjelasan bahwa PCR test dan rapid test adalah langkah kita untuk screening apakah seseorang menderita COVID-19 atau sudah ada virus COVID-19 di dirinya atau belum," kata Doni usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin 27 Juli 2020.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca juga: Jerinx Ikut Demo Tolak Rapid Tes

Menurut Doni, serangkaian tes untuk mendeteksi corona masih diperlukan. Aksi kemarin yang salah satunya ikut dihadiri Gede Ari Astina alias Jerinx juga perlu secara perlahan diberi pemahaman dan sosialisasi agar ada kesadaran bersama.

"Kalau diperiksa sehat tapi ada COVID ini dapat membahayakan orang lain, termasuk yang di rumah. Sekali lagi upaya meningkatkan kesadaran kolektif tidak boleh berhenti," kata mantan Danjen Kopassus tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Jerinx yang juga penabuh drum band Superman is Dead ikut dalam aksi demonstrasi atau di Bali terkait penolakan rapid atau swab tes sebagai syarat administrasi untuk memasuki daerah terutama Bali.

Hal itu diunggah Jerinx di akun instagramnya. Jerinx terliat bergabung dengan demonstran yang lain. Jerinx menggunakan baju hitam dengan tulisan I Belive in Siti Fadilah.

Dari video dan foto yang kini banyak diunggah oleh akun gosip, para demonstran tidak melaksanakan protokol kesehatan. Mereka tidak menggunakan masker atau menjaga jarak. Warganet menyayangkan tindakan demonstran yang seperti itu. (ren)

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga
Kapten Vincent kena flu Singapura

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kapten Vincent belum lama ini membagikan pengalaman kesehatannya yang mengkhawatirkan melalui akun Instagramnya. Vincent diketahui terkena penyakit flu Singapura.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024