Jokowi Lantik Isdianto Jadi Gubernur Kepulauan Riau

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Isdianto sebagai Gubernur Kepulauan Riau, Senin, 27 Juli 2020. Upacara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, dengan diawali prosesi parade dari Istana Merdeka.

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

Kali ini upacara pelantikan agak berbeda. Acara parade hanya diikuti prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dalam jumlah terbatas. Hadir mendampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun proses pelantikan Isdianto menjadi Gubernur definitif dibacakan petikan surat keputusan presiden. Isdianto diketahui merupakan pelaksana tugas sebelumnya yang menggantikan Nurdin Basirun yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam perkara suap.

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya," ujar Isdianto saat mengikuti sumpah jabatan yang dipandu Presiden Jokowi.

Dia akan mengemban tugas dalam masa jabatan hingga 2021 dan merupakan gubernur ketiga yang dilantik pada periode ini. Sebelum Nurdin adalah HM Sani Gubernur, incumbent yang tutup usia setelah baru dua bulan menjalani masa tugasnya di periode kedua.

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih

Isdianto juga diketahui merupakan adik dari HM Sani.

Baca juga: Anies Jelaskan Alasan DKI Pinjam Uang Rp12,5 Triliun
 

Presiden Jokowi bersama Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional Kesehatan Nasional Tahun 2024 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten pada Rabu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024