Istana Pastikan Gubernur Kepri Negatif Corona Sebelum Dilantik Jokowi

Heru Budi Hartono dilantik jadi Kasatpres
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Pihak istana memastikan, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto, yang baru dilantik Presiden Joko Widodo 27 Juli 2020 dan kini dinyatakan positif COVID-19, telah di tes usap sebelum masuk Istana Merdeka saat pelantikan.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, tes itu dilakukan juga terhadap keluarga Isdianto yang hadir, termasuk para pejabat yang turut serta dalam pelantika. 

"Saat saya pimpin rakor (rapat koordinasi) saya minta gubernur dan keluarga dan pejabat yang hadir masuk istana di swab di Jakarta," kata dia, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Baca juga: Jokowi Lantik Isdianto Jadi Gubernur Kepulauan Riau

Setelah di tes sebelum pelantikan, Heru memastikan bahwa hasilnya, Isdianto dan keluarga serta pejabat lainnya dinyatakan negatif COVID-19. Maka pelantikan tetap dilangsungkan di Istana Negara.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Saat itu hari Jumat dan di lantik Senin, Maka saya meminta semua swab di Jakarta dan saat itu hasilnya negatif," tegas Heru.

Karena itu, Heru mengaku, tidak mengetahui bila Isdianto terkena COVID-19 di mana. Sebab, hasil test swab menyatakan bahwa dirinya dan para hadirin negatif, sehingga istana juga masih steril.

"Setelah dari istana, gubernur ada kegiatan lainnya di luar istana saya tidak tahu. Swab-nya di lakukan di Jakarta kalau tidak salah hari Sabtu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya