302 Karyawan Postif Corona, Freeport Lockdown Selama 4 Bulan

Konvoi bus karyawan Freeport
Konvoi bus karyawan Freeport
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jeremias Rahadat

VIVA – PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sahamnya kini dimiliki Indonesia sekitar 51 persen melakukan lockdown seiring 302 karyawannya positif Covid-19. Lockdown dilakukan selama 4 bulan di Tembagapura, Mimika, Papua.

"Lock down dilakukan mulai tanggal 26 Maret 2020. Ada 302 karyawan yang positif COVID-19. Dari data itu sebanyak 53 orang tidak dirawat di RS dan hanya gejala ringan," kata Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas saat pertemuan dengan pemimpin redaksi secara online, Selasa, 4 Agustus 2019.

Saat ini, Freeport telah melakukan 7.312 swab test dan 15 ribu rapid test. Selain itu, mereka juga memiliki alat tes PCR yang bisa melakukan pengetesan dengan kapasitas 200 test per hari.

Tony menjelaskan, selama pandemik Covid-19 sudah ada kasus orang meninggal yakni sebanyak 4 orang. Keempat meninggal karena komorbid, diabetes, dan lain-lain.

Namun ada kabar baiknya. Kata dia, sebanyak 81 persen kasus sembuh dari total 302 kasus positif. Dia meyakini kasus positif akan terus berkurang seiring ketatnya pemberlakukan protokol kesehatan di Freepoort.