Pasukan Garuda Bantu Evakuasi Korban Ledakan Beirut

Ledakan besar terjadi di Ibu Kota Lebanon, Beirut, Selasa, 4 Agustus 2020.
Sumber :
  • Sky News.

VIVA – Pasukan Garuda Indonesia yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa di Lebanon (UNIFIL), turut membantu evakuasi korban ledakan di Beirut, Ibu Kota Lebanon. Ledakan tepatnya terjadi di Port of Beirut pada pukul 18.02 waktu setempat.

Viral, Rudal Israel Hantam Markas Pasukan UNIFIL TNI di Lebanon, Mabes TNI Angkat Bicara

Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (PMPP), Mayjen TNI Victor H Simatupang memastikan, tim medis dikirim ke lokasi ledakan yang hingga kini menewaskan 78 orang. Tim medis yang dikirim adalah dari Satuan Tugas Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL). Tim tersebut telah berangkat menuju lokasi ledakan, dan siap memberi bantuan medis. 

“Sekarang meluncur ke Beirut untuk membantu evakuasi korban ledakan atas perintah UNIFIL FC. Anggota kita Satgas Hospital, telah berangkat dari Naquora untuk membantu penanganan akibat ledakan tersebut,” ujar Victor, saat dihubungi, Rabu 5 Agustus 2020.

DPR: Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon Perlu Didukung Peningkatan Alutsista

Baca juga: Dua Kendaraan Operasional TNI Rusak Akibat Ledakan di Beirut

Tim Hospital yang telah diberangkatkan ke lokasi ledakan berupa satu unit ambulans dari Hospital Lv. 1 dipimpin Kapten Ckm dr. Doni Saputera, SpRad, beserta satu anggota Serka Syehta dan satu sopir ambulans India CSGT Musthaq Bhat.

DPR Minta Jokowi dan Prabowo ‘Tengokin’ Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon

Saat ini, ada 1.234 personel TNI yang bertugas di Lebanon. Mereka tergabung dalan Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL). Semua dalam keadaan selamat. (art)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dua kiri) menjawab pertanyaan wartawan selepas acara penerimaan 22 mahasiswa Palestina penerima beasiswa Pemerintah RI di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

Indonesia Tegas Dukung Kemerdekaan Palestina: Prabowo: Kita Siap Kirim Pasukan Perdamaian

Calon presiden dari nomor urut 2 (Capres), Prabowo Subianto memastikan Indonesia akan terus konsisten membela kemerdekaan rakyat Palestina.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024