PDIP Segera Umumkan 75 Pasangan Calon Kepala Daerah Pilkada 2020

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Youtube PDIP

VIVA – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa PDIP telah mendapatkan sejumlah nama-nama yang akan diusung dalam Pilkada serentak 2020 pada Desember mendatang. Dalam waktu dekat PDIP akan kembali mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah lagi yang akan diusung untuk Pilkada 2020.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

"Untuk yang selanjutnya, akan kami umumkan 75 pasangan calon sekaligus," kata Hasto, Rabu 5 Agustus 2020.

Pada pengumuman sebelumnya, PDIP memastikan usungannya terhadap Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo, setelah berbulan-bulan penuh drama politik serta spekulasi. Namun, untuk Bobby Nasution dalam pilwalkot Medan PDIP belum memutuskannya, dan Tri Rismaharini sudah tak bisa maju lagi Pilwalkot Surabaya.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Baca juga: Meriahkan HUT ke-75 RI, PT KAI Beri Diskon Tiket Kereta Api 

Soal waktu pengumuman, Hasto memberikan sebuah isyarat. Bahwa sepertinya pengumuman akan dilaksanakan berdekatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus mendatang.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

"(Pengumuman ini) sekaligus membangun semangat patriotisme nasionalisme dalam rangka kemerdekaan Indonesia. Dalam waktu dekat kami akan umumkan," kata Hasto.

Hasto menambahkan, politik itu memerlukan kalkulasi, semua diperhitungkan dengan matang. Maka itu calon kepala daerah tak asal diumumkan. 

Pendaftaran serentak

Selain itu, Hasto juga mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan pendaftaran secara serentak untuk calon kepala daerah yang diusung di Pilkada serentak 2020. Rencananya akan dilaksanakan pada 4 September mendatang.

"PDI Perjuangan akan melakukan pendaftaran itu pada hari pertama secara serentak pada tanggal 4 September 2020 itu bertepatan dengan hari Jumat. Nanti setelah Jumatan. Kami menyesuaikan waktu Indonesia timur, tengah, dan barat," kata Hasto.

Hasto juga optimis atas kemampuan para calon kepala daerah yang diusung partainya di pilkada serentak 2020. Sebab semua nama dihasilkan berdasar proses yang sehat, penuh gagasan, dan berbasis komitmen membangun masa depan yang lebih baik.

Kondisi itu didukung oleh PDIP yang didukung oleh akar rumput yang kuat di tingkat bawah, dengan strategi utama gotong royong. 

"Kami punya strategi gotong royong, strategi komunikasi baik, dan sekolah calon kepala daerah, Maka siapapun calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan, pasti akan siap berkontestasi secara sehat dan demokratis, melawan calon independen dan parpol lain," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya