KAI Operasikan Lagi KA Rangkasbitung-Merak, Jabodetabek Terhubung Lagi

Ilustrasi kereta api.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Mulai Selasa, 11 Agustus 2020, jalur kereta api wilayah Jabodetabek menuju Merak, akan kembali tersambung dengan beroperasinya kereta api lokal jurusan Rangkasbitung-Merak. Dengan demikian penumpang dari dan menuju Jabodetabek bisa terhubung kembali.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Sebelumnya, wilayah Jabodetabek sudah terhubung dengan commuter line, dari wilayah Jakarta jika ingin ke Merak bisa turun di Stasiun Rangkasbitung, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kota Serang, Kota Cilegon hingga berakhir di Pelabuhan Merak.

"Setelah dilakukan evaluasi terhadap pelayanan Kereta Api (KA) lokal di era adaptasi kebiasaan baru, PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta akan kembali mengoperasi KA Lokal Merak-Rangkasbitung yang mulai beroperasi pada 11 Agustus 2020," kata Kepala Humas KAI Daops 1 Jakarta, Eva Chaerunisa, dalam siaran persnya, Jumat 7 Agustus 2020.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Berbagai persyaratan pun diberlakukan PT KAI Daops 1 Jakarta bagi calon penumpang, seperti suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celcius, wajib menggunakan masker, tidak sedang demam, flu, batuk, hingga disarankan mengenakan pakaian lengan panjang.

Kapasitas penumpang di dalam gerbong pun dibatasi, maksimal hanya 75 persen saja. Di mana saat kondisi normal, kapasitas kereta api jurusan Rangkasbitung-Merak mencapai 150 persen. Begitupun jam operasionalnya, dibatasi.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

"Pengoperasian KA lokal ini tentunya tetap diikuti protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang diterapkan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang," jelasnya.

Calon penumpang disarankan membeli tiket melalui online di aplikasi KAI Access yang bisa dilakukan tujuh hari sebelum keberangkatan, sehingga mengurangi antrean atau penumpukan calon penumpang di stasiun. Meski begitu, tetap dibuka pembelian tiket di setiap stasiun.

"Normalnya KA lokal Merak beroperasi 12 perjalanan setiap harinya. Kini pada pengoperasian di masa era adaptasi kebiasaan baru KA lokal Merak untuk sementara baru melayani delapan perjalanan setiap hari," jelasnya.

Berikut Jadwal 8 Perjalanan KA Lokal Merak relasi Merak-Rangkasbitung : 

  • KA 488 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 07.50 WIB
  • KA 489 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 10.20 WIB
  • KA 492 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 15.50 WIB
  • KA 493 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 18.25 WIB 
  • KA 487 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 07.40 WIB 
  • KA 490 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 12.55 WIB
  • KA 491 Lokal Merak (Merak-Rangkasbitung) keberangkatan 15.50 WIB
  • KA 494 Lokal Merak (Rangkasbitung-Merak) keberangkatan 18.25 WIB (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya