Jokowi Akan Anugerahi Bintang Jasa, Fadli Zon: Terima Kasih Negara

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 Fadli Zon, menyampaikan ucapan syukur karena akan mendapatkan Bintang Mahaputra Nararya. Rencananya, penganugerahan ini akan diberikan oleh Presiden Joko Widodo. Selain Fadli, ada nama Fahri Hamzah yang juga sempat menjadi wakil ketua DPR, dan beberapa nama lainnya.

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Terpilih mendapatkan bintang mahaputra tersebut, Fadli mengatakan ini adalah penghargaan dari negara. Dia mendukung tradisi seperti ini dilestarikan, diberikan kepada mereka yang pernah menjadi pimpinan lembaga publik.

"Tentu ini sebuah kehormatan karena datang dari negara dan penghargaan ini untuk rakyat karena kapasitas saya sebagai anggota DPR, wakil ketua DPR," kata Fadli Zon dalam wawancara dengan tvOne, Senin, 10 Agustus 2020. 

Ikhlas Pangkal Sukses: Catatan Kecil tentang Prabowo Subianto

Baca juga: Soal Bintang Tanda Jasa, Fahri: Saya 15 Tahun Jadi Anggota DPR

Fadli menilai, pemberian bintang mahaputra tersebut memang karena orang-orang yang pernah menjalankan tugasnya untuk rakyat, selalu diberikan. Bukan lantaran dia selama ini kritis terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo. Setiap pimpinan yang menjalankan tugasnya secara penuh, menurut Fadli, pasti juga mendapatkan bintang mahaputra.

Fadli Zon, Adian Napitupulu hingga Primus Lolos ke Senayan dari Dapil V Jabar

“Bagi saya ini kehormatan, itu saja dari negara. Dan tentu karena ini kehormatan dari negara saya ucapkan terima kasih terutama terima kasih kepada negara,” katanya.

Namun, menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, penghargaan ini adalah untuk rakyat. Sebab apa yang dilakukannya selama ini di parlemen sebagai wakil ketua DPR, adalah amanah dari rakyat.

Disinggung apakah dia kaget dengan keputusan pemerintah memberi Bintang Mahaputra Nararya, Fadli mengatakan, ini suatu hal yang lumrah. Sebab selama ini, ia tidak mengharapkan penghargaan apa-apa. Hanya menjalankan tugas sebagai pengawas jalannya pemerintah.

Apakah dengan anugerah ini dia akan berhenti mengkritik, Fadli menjawab diplomatis. Menurut dia, setiap yang salah dari pemerintah tetap harus diingatkan dan dikritisi.

"Kalau ada keliru tentu kita harus luruskan. Kalau benar untuk apa kita kritisi tapi kalau keliru kita punya tanggung jawab (mengkritisi)," kata Fadli.

Pemerintah Indonesia akan menyerahkan 22 bintang jasa kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang gugur. Namun, selain kepada para tenaga kesehatan, pemerintah juga memberikan penghargaan bintang tanda jasa untuk tokoh politik di Indonesia yakni Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Hal ini dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD. Melalui akun Twitter @mohmahfudmd, Mahfud mengungkapkan, dua tokoh tersebut dinilai telah banyak berjuang untuk rakyat Indonesia.

"Dlm rangka HUT Proklamasi RI ke 75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kpd beberapa tokoh dlm berbagai bidang. Fahri Hamzah @Fahrihamzah dan Fadli Zon @fadlizon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya. Teruslah berjuang utk kebaikan rakyat, bangsa, dan negara," ujar Mahfud dalam cuitannya, Senin, 10 Agustus 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya