Gunung Sinabung Tiga Kali Erupsi, Kolom Abu Capai 2.000 Meter

Gunung Sinabung erupsi kembali, ketinggian abu mencapai 5 ribu meter
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus menunjukkan aktivitas. Hingga siang ini, Badan Geologi dan PVMBG mencatat gunung api itu sudah tiga kali erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik mencapai 2.000 meter dari atas puncak.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, Armen Putra, mengungkapkan erupsi pertama terjadi pada pukul 06.07 WIB dengan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter dari puncak Gunung Sinabung.

"Erupsi kedua pukul 08.02 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter dan erupsi ketiga pukul 08.31 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter," kata Armen kepada VIVA, Kamis siang, 13 Agustus 2020.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Baca juga: Gunung Sinabung Erupsi, Sempat Terjadi 49 Kali Gempa

Dengan status Gunung Sinabung level III atau siaga, Armen meminta masyarakat, pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

"Kemudian, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara," ujar Armen.

Armen mengatakan jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Kemudian, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," kata Armen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya