Sidang Tahunan MPR Besok Bakal Digelar Berbeda

Ilustrasi Sidang MPR
Sumber :
  • VIVAnews/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Sidang Tahunan MPR tahun 2020 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020. Sidang Tahunan pada tahun ini yang tengah dilanda pandemi COVID-19 akan digelar berbeda dari tahun lalu.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Yandri: Jangan Provokasi Rakyat Lagi

Sidang Tahunan MPR kali ini akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Tata cara Sidang Tahunan MPR juga sudah dikoordinasikan dengan Sekretariat Jenderal DPR dan DPD.

"Kami sudah melakukan gladi bersama-sama dan juga dengan Sekretariat Negara. Jadi, intinya kami sudah mempersiapkan tata cara persidangan, dan sudah siap untuk melakukan Sidang Tahunan MPR," kata Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono, di Jakarta, Kamis 13 Agustus 2020

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Absen Pemanggilan KPK Kemarin, Ini Alasannya

Baca juga: Berjuang Lawan Corona, 22 Tenaga Medis Dapat Tanda Jasa dari Presiden

Ma’ruf Cahyono menambahkan, persiapan acara Sidang Tahunan MPR pada Jumat, 14 Agustus 2020, sudah mendekati final, baik secara teknis dan administratif. Secara teknis, Sidang Tahunan MPR 2020 akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, misalnya membatasi jumlah anggota MPR yang hadir hingga menjaga jarak aman.

Peluang Pemakzulan Jokowi, Ketua MPR: Jauh Panggang dari Api

"Sidang Tahunan MPR tetap digelar di Gedung Nusantara. Namun, karena kondisi COVID-19, dalam Sidang Tahunan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena harus menjaga jarak, maka tidak semua anggota MPR dan undangan bisa hadir. Tidak seperti di masa normal. Sekarang ini sangat terbatas," ujarnya.

Sidang Tahunan MPR dihadiri Presiden dan Wakil Presiden, dan sejumlah menteri dan pimpinan lembaga negara. Untuk memenuhi ketentuan protokol kesehatan COVID-19, hanya perwakilan dari fraksi dan DPD serta tamu undangan yang bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR. 

"Sehingga dalam ruang sidang harus memenuhi protokol COVID-19 dengan social distancing. Jadi, di dalam ruang sidang jaga jarak benar-benar diperhatikan," ujarnya.

Bagi anggota MPR yang tak bisa menghadiri Sidang Tahunan MPR secara fisik, bisa mengikuti sidang secara virtual melalui zoom meeting. Sidang Tahunan MPR juga bisa disaksikan melalui siaran televisi maupun siaran langsung di YouTube. 

"Kami menyediakan ruang untuk mengikuti sidang dengan zoom meeting atau virtual kepada anggota MPR. Juga bisa diikuti dengan streaming, atau di televisi. Masyarakat juga bisa menyaksikan sidang ini. Sambil berjalan semua ini benar-benar kami siapkan," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya