Jokowi: Masih Tersedia 25 Tahun Lagi Siapkan Seabad Indonesia Merdeka

Presiden Jokowi memberikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA - Presiden Joko Widodo menutup pidato kenegaraannya pada sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan menyampaikan banyak pesan jelang hari kemerdekaan Indonesia ke-75.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Menurut Jokowi, saat ini merupakan momentum bagi seluruh elemen masyarakat untuk bersiap diri menyongsong Republik Indonesia (RI) menuju umur satu abad.

"Masih tersedia waktu 25 tahun lagi bagi kita untuk menyiapkan seabad Indonesia merdeka, untuk membangun Indonesia yang kita cita-citakan," kata Jokowi di ruang sidang paripurna Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Baca juga: Jokowi: Ibarat Komputer, Ekonomi Semua Negara Sedang Hang

Jokowi mengatakan, misi besarnya bukan hanya sekadar keluar dari krisis yang diakibatkan masa pandemi COVID-19. Langkah yang tengah disiapkan adalah menyiapkan transformasi besar di berbagai sektor demi kemajuan negara.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

"Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi," kata dia.

Jokowi menambahkan, "Krisis memberikan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan, untuk melakukan transformasi besar, dengan melaksanakan strategi besar. Mari kita pecahkan masalah fundamental yang kita hadapi.”

Menutup pidatonya, di hadapan 161 anggota parlemen yang hadir secara fisik, Jokowi mengajak serentak dan serempak memanfaatkan momentum. Menjadikan setara dengan negara- negara maju. Mengakhiri pidato, Jokowi pun sempat memekikkan kata 'Merdeka'.

"Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Negeri Pancasila. Merdeka," kata Jokowi sambil mengepal tangan kanannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya