Pemerintah Anggarkan Rp169,7 Triliun dari RAPBN 2021 untuk Kesehatan

Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2020
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden Joko Widodo menegaskan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 akan diproritaskan untuk pemulihan ekonomi  nasional akibat pandemi COVID-19. 

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Pemerintahan Joko Widodo menetapkan anggaran kesehatan untuk 2021 sebesar Rp169,7 triliun atau setara 6,2 persen dari RAPBN. Anggaran tersebut diarahkan terutama untuk peningkatan dan pemerataan dari sisi suplai, serta dukungan untuk pengadaan vaksin, dan perbaikan serta keberlanjutan program jaminan kesehatan nasional. 

Sementara itu, untuk anggaran pendidikan 2021, pemerintah menganggarkan Rp549,5 triliun atau 20 persen dari RAPBN untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), kemampuan adaptasi teknologi, peningkatan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Pemerintah akan melakukan reformasi pendidikan melalui transformasi kepemimpinan kepala sekolah, transformasi pendidikan dan pelatihan guru, mengajar sesuai tingkat kemampuan siswa, standar penilaian global, serta kemitraan daerah dan masyarakat sipil," kata Presiden Jokowi saat menyampaikan RAPBN 2021 dan nota keuangan dalam rapat paripurna DPR, Jumat 14 Agustus 2020.

Pemerintah juga akan mengalokasikan Rp30,5 triliun dalam RAPBN 2021 untuk pembangunan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) pada 2021. Anggaran difokuskan untuk mengakselerasi transformasi digital. (art)

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Baca juga: Jokowi Bidik Pertumbuhan Ekonomi 2021 di Kisaran 4,5-5,5 Persen

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024