Ribuan Pendaki Ingin Rayakan HUT RI ke-75 di Gunung Bawakaraeng Gowa

Pengecekan suhu badan sebelum melewati jalur pendakian Gunung Bawakaraeng, Gowa
Sumber :
  • VIVA/irfan

VIVA – Ribuan pendaki telah memadati Gunung Bawakaraeng, yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Sampai pukul 16.00 WITA, Minggu, 16 Agustus 2020, Basarnas Makassar mencatat sudah sekitar 12.169 pendaki. Sebanyak 5.925 telah berada di puncak, 3.883 berada di lembah Ramma dan 2.361 berada di Lembanna.

Mereka akan merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75, Senin, 17 Agustus besok.

Basarnas Makassar sendiri telah menyebar relawannya yang tergabung Terdiri dalam Siaga Merah Putih di Gunung Bawakaraeng sejak Sabtu kemarin.

"Siaga Merah Putih ini adalah gelaran tahunan. Karena setiap tahunnya kian banyak pendaki yang memadati Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT Kemerdekaan," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Muhammad Rizal.

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Baca juga: Viral, Video Para Pendaki Joget Dugem Massal

Dia menjelaskan, tim itu melibatkan relawan sekitar 200-an orang dari berbagai lembaga SAR di Sulawesi Selatan.

"Siaga terbagi beberapa posko, di antaranya Posko Induk  Lembanna, Pos 1 Bawakaraeng, Pos 5 Bawakareng, Pos 8 Bawakaraeng, Pos Buluballea, Pos sungai Ke-3 lembah Ramma, Pos Ramma dan Pos Puncak. Dan siaga ini dimulai dari tanggal 14-18 agustus 2020," ujar Rizal.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada pendaki untuk mengutamakan keselamatan sebelum melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng, terutama mematuhi protokol kesehatan mengingat masih pandemi COVID-19.

Berkebaya di atas Gunung Kembang merayakan Hari Kartini.

Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

Sebanyak 100 perempuan Indonesia dari berbagai wilayah pun turut membuktikannya. Sukses menaklukkan Gunung Kembang, mereka merayakan Hari Kartini di puncak gunung Kembang

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024