Keren, Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tampil Virtual di HUT RI

Penampilan Gita Bahana Nusantara secara virtual di HIT RI ke-75
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA – Panduan suara dan orkestra dari Gita Bahana Nusantara tampil secara virtual di peringatan hari Kemerdekaan RI ke-75 di halaman Istana Merdeka. Mereka tampil secara daring lantaran situasi masa pandemi COVID-19 yang memaksa dilarangnya berkerumun dan pembatasan sosial. 

PUPR Buka-bukaan Progres Pembangunan di IKN Sambut Upacara HUT ke-79 RI

Mereka terdiri 136 paduan suara, dan 45 orang yang mengiringi lagu-lagu nasional dan nusantara lewat orkestra.

Baca: Ini 8 Paskibraka yang Bertugas Kibarkan Sang Merah Putih di Istana

Mayang Tertawakan Upacara Bendera di Istana, Pakar Hukum: Bisa Terancam 5 Tahun Penjara

Restu Gunawan selaku perwakilan Gita Bahana Nusantara, mengatakan persiapan untuk upacara peringatan hari kemerdekaan di Istana sudah dimulai sejak bulan Maret. Setiap tahunnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak saat itu melakukan seleksi dari seluruh daerah.

"Tanggal 1-19 Agustus kita adakan pemusatan latihan untuk membentuk karakter kemudian juga suara, nada dan musiknya kita sesuaikan," kata Restu di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 17 Agustus 2020.

Profil Kapten Mar Ganteng Prakoso, Komandan Kompi Paskibraka di HUT RI ke-78 di Istana

"Tahun ini Gita Bahana Nusantara harus virtual. Jadi mereka tampil dari rumah masing- masing kemudian diedit dan akan tampil detik- detik proklamasi 17 Agustus," tambahnya.

Restu yang juga Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud ini menyampaikan, situasi berbeda kali ini bukan menjadi penghalang semangat paduan suara untuk tampil. Walau secara virtual, apa yang ditampilkan tetap ditanamkan suatu kebanggaan layaknya kehadiran fisik di Istana Kepresidenan.

"Kali ini teman- teman seniman mampu melakukan adaptasi secara maksimal untuk tampil secara virtual," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya