Merayakan HUT Kemerdekaan RI dari Ruang Isolasi RSUP Dr Sardjito

Petugas medis di RSUP dr. Sardjito
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sejumlah tenaga medis di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta yang bertugas di ruang isolasi menggelar upacara memeringati HUT RI ke 75, Senin, 17 Agustus 2020. Dari ruang isolasi khusus pasien COVID-19 ini, upacara sederhana digelar dengan khidmat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Mengenakan alat pelindung diri (APD) dan baju hazmat, para tenaga medis ini nampak membentangkan bendera merah putih. Sedangkan, tenaga medis lainnya nampak menghormat ke bendera merah putih yang dibentangkan.

Baca Juga: Diduga Tertular Ibunya, 2 Bayi di Sleman Positif Corona

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menyampaikan upacara yang dilakukan tenaga medis di ruang isolasi merupakan bentuk cinta pada Tanah Air. Selain itu juga sebagai wujud bahwa tenaga medis terus berjuang menangani COVID-19.

"Ini bukti cinta kami kepada negeri Indonesia. Kami berjuang untuk kalian (masyarakat) di tengah pertempuran melawan COVID-19. Upacara sederhana di ruang isolasi COVID-19 diambil dengan kamera CCTV ruangan," ujar Banu dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Selasa, 18 Agustus 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Banu menyampaikan upacara itu dilakukan di ruang isolasi Gatutkaca. Ruang isolasi Gatutkaca sendiri adalah ruangan khusus untuk merawat pasien positif Corona di RSUP Dr Sardjito.

Banu menjabarkan upacara juga sebagai bagian agar para pasien positif corona ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan. Harapannya pasien yang sedang dirawat tetap terus semangat dan segera sembuh dari COVID-19.

"Memberikan kesempatan kepada pasien untuk merayakan kemerdekaan walau sedang dirawat. Harapannya akan tetap semangat baik saat merawat pasien atau saat pasien dirawat," ujar Banu.

Berkaitan dengan penanganan pasien COVID-19, Banu menuturkan saat ini ada 13 pasien positif yang ditangani oleh RSUP Dr Sardjito. Sementara, jumlah tempat tidur di ruang isolasi RSUP Dr Sardjito ada 50 buah. (lis)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya