JK Soroti Persoalan Pelik Ketidakadilan di HUT ke-75 RI

Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyoroti persoalan keadilan di Indonesia. Menurut dia, ada 15 konflik besar yang terjadi sejak Indonesia merdeka disebabkan oleh faktor keadilan.

"Ada 15 konflik besar yang makan korban kurang lebih 1.000 orang selama 75 tahun. Sejak RMS, Aceh, Poso, Ambon dan sebagainya," kata JK saat acara ILC di tvOne, Selasa , 18 Agustus 2020.

Datangi Jusuf Kalla, Pendeta Gilbert Sampaikan Maaf ke Masyarakat Indonesia

Baca juga: JK: Masjid Lebih Mudah Diatur Protokol daripada Mal

Ia mengatakan, pada umumnya semua konflik yang terjadi dan bergejolak itu karena masalah keadilan, yakni munculnya tindakan tidak adil. Oleh karena itu pemerintah harus menciptakan keadilan dan makmur sesuai amanat konstitusi. "Tujuan dalam konstitusi menciptakan masyarakat adil dan makmur, itu tentu menjadi bagian utama dari upaya kita semua," ujarnya.

Memang, kata JK, sekarang semua cita-cita bangsa Indonesia ingin mencapai suatu masyarakat yang adil dan makmur. Menurutnya, Indonesia punya peluang sebagai bangsa yang maju dan mundur.

"Kita ada peluang untuk maju, tapi ada juga peluang untuk mundur. Kita tentu banyak masalah-masalah yang harus dihadapi," kata JK lagi.

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Megawati Ingatkan Menegakkan Kebenaran dan Keadilan

Baca juga: KPK Optimistis Segera Tangkap Harun Masiku, Apa Dasarnya

Pengungsi warga Gaza akibat serangan Israel (aljazeera.com)

Perempuan dan Anak-anak Palestina Menanggung Beban Paling Berat

“Secara khusus, semua pihak harus melindungi perempuan dan anak-anak dari bahaya dan memberi mereka perlindungan khusus yang menjadi hak mereka."

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024