JK Soroti Persoalan Pelik Ketidakadilan di HUT ke-75 RI

Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyoroti persoalan keadilan di Indonesia. Menurut dia, ada 15 konflik besar yang terjadi sejak Indonesia merdeka disebabkan oleh faktor keadilan.

"Ada 15 konflik besar yang makan korban kurang lebih 1.000 orang selama 75 tahun. Sejak RMS, Aceh, Poso, Ambon dan sebagainya," kata JK saat acara ILC di tvOne, Selasa , 18 Agustus 2020.

PKS Tak Nampak saat Anies, Cak Imin, Surya Paloh Buka Puasa Bersama di Rumah JK, Kenapa?

Baca juga: JK: Masjid Lebih Mudah Diatur Protokol daripada Mal

Ia mengatakan, pada umumnya semua konflik yang terjadi dan bergejolak itu karena masalah keadilan, yakni munculnya tindakan tidak adil. Oleh karena itu pemerintah harus menciptakan keadilan dan makmur sesuai amanat konstitusi. "Tujuan dalam konstitusi menciptakan masyarakat adil dan makmur, itu tentu menjadi bagian utama dari upaya kita semua," ujarnya.

Memang, kata JK, sekarang semua cita-cita bangsa Indonesia ingin mencapai suatu masyarakat yang adil dan makmur. Menurutnya, Indonesia punya peluang sebagai bangsa yang maju dan mundur.

"Kita ada peluang untuk maju, tapi ada juga peluang untuk mundur. Kita tentu banyak masalah-masalah yang harus dihadapi," kata JK lagi.

Anies dan Cak Imin Ikut Buka Puasa Bersama di Rumah Jusuf Kalla Sore Ini

Baca juga: KPK Optimistis Segera Tangkap Harun Masiku, Apa Dasarnya

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024