Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Bengkulu, Waspada Susulan

ilustrasi gempa
Sumber :
  • vstory

VIVA – Gempa bumi magnitudo 6,9 mengguncang wilayah Bengkulu pada Rabu pagi, 19 Agustus 2020 pukul 05.23 WIB. Gempa ini cukup besar dan kian membuat heboh warganet.

Mensos Risma Sebut Belum Ada Laporan Kerusakan dampak Gempa 6,2 Magnitudo di Aceh

Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pagi ini berada di titik 4,50 Lintang Selatan (LS) dan 100,94 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut 169 kilometer Barat Daya Bengkulu dengan kedalaman 10 km. 

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

Kekeringan Mendominasi Wilayah Indonesia Juni-September 2024, Menurut BMKG

Meski begitu, BMKG mengimbau agar warga waspada. Khususnya di wilayah sekitar untuk menghindari bangunan yang mudah runtuh.

"Agar berhati-hati dengan gempa susulan. Hindari bangunan yang mudah runtuh atau sudah retak. Mimin berharap sobat BMKG semua dalam keadaan baik-baik saja," tulis BMKG. 

BMKG Prakirakan 15 Provinsi Hujan Lebat, Masyarakat Mesti Waspada Bencana Hidrometeorologi

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan kerusakan yang didapat maupun korban akibat gempa ini. Namun disebut gempa terjadi dua kali dengan kekuatan magnitudo 6,8 dan 6,9.

Ilustrasi: Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pantauan suhu udara di Kantor BMKG, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Indonesia Berpotensi Besar Dilanda Gelombang Panas Lagi, Menurut Climate Central

Laporan Climate Central memperlihatkan potensi dua gelombang panas terjadi di Indonesia terulang kembali, mengingat probabilitasnya tertinggi kedua dan ketiga di dunia.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2024